Dokter Sebut Lelah Melulu dan Menarik Diri Tanda Ajal Sudah Dekat

ADVERTISEMENT

Dokter Sebut Lelah Melulu dan Menarik Diri Tanda Ajal Sudah Dekat

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 23 Agu 2022 10:00 WIB
ilustrasi sakit
Ilustrasi tanda-tanda seseorang bakal menyambut ajal menurut ahli medis. Foto: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Ahli medis mengungkapkan tanda-tanda seseorang akan menyambut ajal, khususnya dalam keadaan sakit berat. Tanda-tanda tersebut bisa berlangsung dalam beberapa bulan sebelum kematian dan bisa berbentuk hal-hal sederhana, seperti tidur lebih banyak.

dr Carol DerSarkissian melalui WebMD memaparkan daftar tanda seseorang akan meninggal dunia dalam waktu satu atau tiga bulan. Tanda tersebut mencakup makan dan minum lebih sedikit, sembari menarik diri dari orang-orang terdekat dan kehilangan semangat melakukan hal-hal yang biasanya disenangi.

Pada usia dewasa, waktu menjelang kematian juga ditandai dengan berkurangnya keinginan untuk berbicara. Sementara pada anak-anak, cenderung menjadi lebih banyak berbicara.

Semakin dekat dengan ajal, misalnya satu hingga dua minggu sebelum meninggal dunia, akan muncul perubahan pola tidur. Hal itu dibarengi berkurangnya napsu makan dan sering haus air putih.

"Seseorang mungkin merasa lelah dan lelah sepanjang waktu, sehingga mereka tidak meninggalkan tempat tidur mereka," ujar dr DerSarkissian, dikutip dari Daily Record, Selasa (23/8/2022).

Selain itu, orang yang akan menyambut ajal juga mungkin mengalami lebih banyak rasa sakit, dibarengi perubahan tekanan darah, pernapasan, dan detak jantung. Pada titik ini, tergantung pada kondisi pasien dan penyakit yang diidap, orang yang akan menyambut ajal mulai mengalami kebingungan, atau tampak seperti linglung. Mereka mungkin mengalami halusinasi.

Catatan Dokter untuk Keluarga

Para ahli perawatan paliatif menegaskan, penting untuk anggota keluarga senantiasa berjaga ketika orang terdekatnya mengalami tanda-tanda tersebut terlebih dalam kondisi sakit berat. Pasalnya, kehadiran keluarga amat penting bagi pasien dalam beberapa jam, hari, atau minggu terakhir di hidupnya.



Simak Video "KuTips: 5 Gerakan Peregangan untuk Atasi Pegal saat Mudik"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT