Sering Batuk Sampai Keluar Darah Tanda Sakit Apa Dok?

ADVERTISEMENT

Dokter Menjawab

Sering Batuk Sampai Keluar Darah Tanda Sakit Apa Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 25 Agu 2022 09:05 WIB
COVID-19 Pandemic Coronavirus, Asian woman wearing a mask, have a symptoms coughing and fever
Foto: Getty Images/iStockphoto/ronnachaipark
Jakarta -

Pertanyaan:

Beberapa hari lalu saya sempat tersedak asap sampai batuk-batuk Dok. Batuknya itu keras dan sakit, bahkan sampai mengeluarkan darah.

Sempat dikasih obat saat berobat, tapi sampai saat ini batuk tersebut masih berlanjut Dok. Tetapi tidak mengeluarkan darah. Ini kenapa ya Dok?

Salsa (wanita, 26 tahun)

Jawaban:

Batuk keras dapat menyebabkan iritasi, sehingga di air ludah bisa terdapat bercak darah. Bila sudah berhenti, kemungkinan besar luka iritasinya sudah pulih.

Untuk batuknya yang masih berlanjut, kemungkinan karena masih belum pulih betul. Batuk terjadi karena masih ada rangsangan di tenggorokan bisa karena virus bisa karena iritasi dari udara.

Bila iritasi terjadi karena misalnya polusi, asap rokok, dan bahan-bahan yang dapat menyebabkan alergi dari tempat ibu berada (jalanan, ruangan di dalam rumah, atau kantor), sebaiknya dihindari dan dicegah.

Seprei tempat tidur atau tirai bisa diganti teratur, karpet bisa dibersihkan dengan alat penyedot debu.

Bila iritasi terjadi karena infeksi, bisa ditunggu sampai infeksinya reda. Infeksi virus bisa dari beberapa hari sampai minggu, namun bisa hilang sendiri.

Infeksi bakteri atau jamur bisa juga memerlukan obat-obatan untuk membantu penyembuhan. Bila kondisi memburuk, segera datang periksa ke dokter terdekat untuk diperiksa dan mendapat nasihat yang sesuai.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Peringatan WHO soal Sirup Obat Batuk pada Kasus Kematian Anak Gambia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT