Kesaksian Mereka yang Mati Suri, Ini yang Dirasakan Saat Ajal Mendekat

ADVERTISEMENT

Kesaksian Mereka yang Mati Suri, Ini yang Dirasakan Saat Ajal Mendekat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 29 Agu 2022 12:00 WIB
ilustrasi sakit
Foto ilustrasi: ilustrasi/thinkstock
Jakarta -

Menjelang kematian manusia, akan beberapa tanda yang bisa dilihat seperti nafsu makan yang menurun, selalu merasa lelah, hingga halusinasi. Tetapi, apa yang dirasakan orang itu saat ajal mendekat?

Dikutip dari Daily Star, sejumlah orang pernah mengalami rasanya mendekati kematian. Dari jawaban yang didapat ada tiga kategori pengalaman yang dialami orang saat ajal mendekat, yakni:

  • Tidak ada atau terjadi apa-apa
  • Muncul cahaya terang, sesosok makhluk atau orang
  • Pengalaman saat di luar tubuhnya

Untuk itu, Dr Sam Parnia yang merupakan seorang profesor di Sekolah Kedokteran Grossman Universitas New York dan Direktur Lab Parnia meneliti apa yang terjadi pada pikiran manusia saat ajal mendekat.

Dr Parnia mencari pasien yang mengalami serangan jantung untuk mengetahui apa yang terjadi. Ternyata, hampir 40 persen dijelaskan memiliki beberapa bentuk 'kesadaran' pada saat mereka mati secara klinis.


Pengalaman Saat Ajal Mendekat

Dunia Terasa Berkabut

Salah satu orang mengatakan bahwa dunianya seperti berubah menjadi lembut, berkabut, perlahan memudar dan menjadi hitam. Setelahnya, ia mendengar suara dokternya.

"Dunia saya menjadi lembut dan berkabut dan semuanya memudar menjadi hitam. Hal berikutnya yang saya ingat adalah membuka mata saya dan mendengar seorang dokter," ungkapnya.

Seperti Tidur Tanpa Mimpi

Seorang pasien yang mengalami overdosis karena heroin juga mengungkapkan pengalamannya saat ajalnya mendekat. Saat itu, jantungnya sempat berhenti berdetak.

"Overdosis heroin, Emergency Medical Technicians (EMT) mengatakan jantung saya berhenti. Tidak melihat apa-apa, seperti tidur tanpa mimpi," kata dia.

"Saya tidak bergerak selama sekitar 40 detik. Rasanya seperti tertidur tanpa bermimpi, tanpa rasa percaya diri," tambah pasien lainnya.

NEXT: Seperti Keluar dari Tubuh hingga Melihat Cahaya

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT