Yoo Ju Eun Meninggal, Kenapa Banyak Artis Korsel Bunuh Diri?

ADVERTISEMENT

Yoo Ju Eun Meninggal, Kenapa Banyak Artis Korsel Bunuh Diri?

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Senin, 29 Agu 2022 13:30 WIB
Yoo Ju Eun
Yoo Ju Eun meninggal dunia. (Foto: (dok. Instagram @yoojueunn)
Jakarta -

Aktris Korea Selatan Yoo Ju Eun meninggal dunia, bunuh diri di usia 27 tahun. Ia sempat meninggalkan pesan terakhir untuk keluarganya, bercerita jika ia terpaksa bunuh diri lantaran berjuang untuk karier sebagai aktris sangat menyiksa.

Ini bukan kali pertama artis Korea Selatan memutuskan bunuh diri. Catatan The Guardian menunjukkan lebih dari 30 kasus artis Korea Selatan dilaporkan bunuh diri selama beberapa tahun terakhir.

Dikutip dari DW, bahkan 10 tahun ke belakang tingkat bunuh diri wanita muda Korea Selatan meningkat sekitar 5 persen per tahun. Secara keseluruhan, Korea Selatan memiliki tingkat bunuh diri tertinggi di klub Organisasi untuk Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan (OECD), negara-negara industri maju, dengan sekitar 14.000 kasus bunuh diri di 2018 silam.

Apa faktornya?

Beberapa faktor dikaitkan dengan kemiskinan, pengangguran, ketidaksetaraan gender dan kekerasan berbasis gender, konflik generasi, rumah tangga satu orang, pola asuh yang buruk, kesejahteraan sosial yang tidak memadai, dan mungkin di atas segalanya - persaingan, demikian penjelasan Jang Soong-nang, seorang peneliti sosial epidemiologi di Universitas Chung-ang.

Sementara ketika berbicara tentang bunuh diri di kalangan selebriti Korea Selatan, Jang menjelaskan bahwa media sosial berperan. Semua yang dilakukan dan dikatakan para artis terekspos di publik, terkadang kerap dimanipulasi, dikritik, hingga dikaitkan dengan politik identitas yang menunjukkan kebencian.

"Ada persaingan tanpa akhir. Mereka hanya menjalani kehidupan sehari-hari. Tetap hidup itu sendiri sangat sulit, itu adalah penderitaan, dan satu-satunya kebahagiaan yang mereka rasakan adalah dalam hal-hal yang sangat kecil, seperti makan sesuatu yang lezat," kata Jang.

"Adapun hal lain dalam hidup, hal-hal yang tak tertahankan, sulit, dan kompetitif," lanjut dia,

Peningkatan di Masa Pandemi COVID-19

Kini, anak muda di Korea Selatan juga menghadapi dampak dari COVID-19. Pada paruh pertama tahun 2020, ketika pandemi melanda negara itu, terjadi lonjakan 30 persen kasus bunuh diri pada wanita muda.

"Memperkuat pencegahan bunuh diri tidak cukup," bantah Jang.

Depresi dan munculnya keinginan bunuh diri bukanlah hal sepele. Kesehatan jiwa merupakan hal yang sama pentingnya dengan kesehatan tubuh atau fisik. Jika gejala depresi semakin parah, segeralah menghubungi dan berdiskusi dengan profesional seperti psikolog, psikiater, maupun langsung mendatangai klinik kesehatan jiwa. Layanan konsultasi kesehatan jiwa juga disediakan oleh Perhimpunan Dokter Spesialis Kesehatan Jiwa Indonesia (PDSKJI) di laman resminya yaitu www.pdskji.org. Melalui laman organisasi profesi tersebut disediakan pemeriksaan secara mandiri untuk mengetahui kondisi kesehatan jiwa seseorang.

Simak Video 'Aktris Yoo Ju Eun Meninggal Dunia Akibat Bunuh Diri':

[Gambas:Video 20detik]



(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT