Daging Kambing dan Durian Bikin Darah Tinggi? Dokter Saraf Bilang Gini

ADVERTISEMENT

Daging Kambing dan Durian Bikin Darah Tinggi? Dokter Saraf Bilang Gini

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 01 Sep 2022 10:36 WIB
Teh jahe bisa pengaruhi obat hipertensi
Ilustrasi pasien darah tinggi. (Foto: iStockphoto)
Jakarta -

Hipertensi atau darah tinggi merupakan suatu penyakit yang dapat menyebabkan gumpalan darah otak mengeras sehingga aliran darah menuju otak terhambat. Kondisi ini dapat menyebabkan stroke ringan hingga berat yang dapat menyebabkan kecacatan bahkan mengancam jiwa jika tidak ditangani dengan benar.

Ada beberapa pemicu terjadinya tekanan darah menjadi tinggi, salah satunya adalah makanan. Menurut dr Eka Harmeiwaty, SpS dari RS Pusat Jantung Harapan Kita salah satu faktor yang sudah pasti menyebabkan terjadinya hipertensi adalah makanan asin.

Lalu Bagaimana dengan Mengonsumsi Daging Kambing dan Durian?

dr Eka menyebutkan hingga saat ini dibutuhkan penelitian ilmiah lebih lanjut tentang daging kambing dapat menyebabkan hipertensi.

"Itu (daging kambing dan durian) masih dalam penelitian. Kenapa orang di Arab memakan daging kambing tensinya nggak naik? Karena mereka nggak hipertensi," ucapnya di acara virtual yang bertemakan 'Waspada Hipertensi Merusak Otak', Rabu (31/8/2022).

dr Eka menjelaskan hal ini terjadi karena adanya faktor genetik dan ras yang memengaruhi hipertensi. Ia meski masih membutuhkan penelitian lebih lanjut, menurutnya alasan daging kambing dan durian bisa menyebabkan hipertensi adalah faktor ras orang di Indonesia.

"Belum ada penelitian sih, walaupun katanya duren menaikan (tekanan darah) tapi sebenarnya duren itu buah-buahan. Kalo kambing, itu pengaruh ras, ya walaupun kita belum ada penelitian bahwa daging kambing pada orang Indonesia meningkatkan darah, belum ada," tegasnya.



Simak Video "Ini Cara Sehat Olah Daging Kambing "
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT