Cerita di Balik Viral Testis Pria 19 Tahun Berat Sebelah, Ini Pemicunya

ADVERTISEMENT

Cerita di Balik Viral Testis Pria 19 Tahun Berat Sebelah, Ini Pemicunya

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 06 Sep 2022 07:20 WIB
Viral pria yang terkena varikokel, testisnya berat sebelah.
Cerita viral pria mengidap varikokel, testis turun sebelah, (Foto: Tangkapan layar: SS Viral atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral pria 19 tahun domisili Bekasi mengidap varikokel akibat terlalu memaksakan olahraga dengan intensitas berat sejak SMP. Tanpa disadari, varikokel yang diidap sudah dikategorikan berat lantaran gejalanya bisa terlihat secara kasat mata.

Sebelah testingnya membengkak hingga muncul urat-urat di kulit testis tersebut. Ia tidak mengeluhkan gejala lain selain rasa nyeri di bagian testis setelah berolahraga.

"Kalau dari gue dulu, itu kata dokter sudah termasuk varikokel berat. Kenapa? Karena dengan cara dicek pakai mata saja sudah kelihatan, sudah kelihatan itu varikokel. Sudah ada uratnya dan turun sebelah testisnya," kata pemilik akun TikTok @guevarikokel, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Selasa (6/9/2022).

"Itu tanpa mengecek gimana kualitas spermanya, yang harusnya dicek juga," sambungnya.

Pria bernama Esahuda Nugraha ini lantas menjalani operasi untuk mengatasi varikokel. Butuh waktu tiga bulan sampai akhirnya pulih.

Pasca operasi, Esa belum bisa banyak melakukan aktivitas berat. Kini ia membatasi untuk bisa kembali berolahraga dengan cara memulai secara bertahap.

"Setelah operasi sih gue blm bisa ngapa-ngapain, buat gerak duduk aja effort banget terus buat ke toilet aja tertatih-tatih nahan," sambungnya.

"Ya kata dokter boleh berolahraga setelah operasi tapi secara bertahap," pungkas dia.

Kepada detikcom, sebelumnya ia mengaku kerap beraktivitas olahraga berat. Hampir setiap hari, pagi dan sore, ia berolahraga.

"Lebih tepatnya pas SMP, gue nggak tau waktu itu kenapa, karena pas gue pegang-pegang, kok ini berat sebelah (testis). Pada akhirnya gue tau pas di SMA gue pengen daftar kedinasan, karena pas daftar di kedinasan itu nggak boleh varikokel, pas banget tuh gue lagi semangat-semangatnya angkat barbel 3 kg setiap hari, push up setiap hari, 10 kali tiap pagi lari 4 kilo, setiap sore sit up 30 setiap sore, makin jadi varikokel gue," lanjut dia.



Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT