Golongan Darah dan Kaitannya dengan Risiko Stroke di Usia Muda

ADVERTISEMENT

ROUND UP

Golongan Darah dan Kaitannya dengan Risiko Stroke di Usia Muda

Alethea Pricila - detikHealth
Selasa, 06 Sep 2022 20:00 WIB
Diet Berdasarkan Golongan Darah, Ini Makanan yang Bisa Dikonsumsi
Ilustrasi golongan darah. Foto: Getty Images/iStockphoto/Mixmike
Jakarta -

Sebuah studi yang dilakukan oleh para peneliti di Fakultas Kedokteran Universitas Maryland mengungkap risiko stroke pada kelompok usia muda bisa disebabkan oleh golongan darah. Studi ini diterbitkan dalam jurnal Neurology dengan mengumpulkan data dari 48 studi yang diikuti 17.000 pasien stroke dan hampir 600.000 orang sehat atau belum pernah mengalami stroke.

Para peneliti melakukan analisis profil genetik pasien, khususnya gen dalam kromosom manusia yang menentukan golongan darah A, AB, B, atau O pada manusia.

Golongan Darah A Paling Berisiko Kena Stroke di Usia Muda

Penelitian itu menunjukkan mereka yang memiliki golongan darah A memiliki risiko terkena stroke dini lebih tinggi sebanyak 16 persen dibandingkan golongan darah lainnya. Sedangkan untuk pemilik golongan darah O memiliki risiko 12 persen lebih rendah.

"Kami masih tidak tahu mengapa golongan darah A akan memberikan risiko yang lebih tinggi," ujar ahli saraf dan rekan penulis studi, Steven J Kittner, dikutip dari CTV News, Selasa (6/9/2022).

Ia berpendapatan kemungkinan hal ini terjadi karena faktor pembekuan darah seperti trombosit dan sel yang melapisi pembuluh darah serta protein sirkulasi lainnya. Semua hal itu memiliki peran penting dalam pengembangan pembekuan darah.

NEXT: Golongan darah lain gimana?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT