7 Penyebab Stroke Perdarahan, Diidap Reza Gunawan Sebelum Meninggal

ADVERTISEMENT

7 Penyebab Stroke Perdarahan, Diidap Reza Gunawan Sebelum Meninggal

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 07 Sep 2022 09:15 WIB
Reza Gunawan dan Dewi Dee Lestari
Reza Gunawan dan Dee Lestari (Foto: Instagram @rezagunawan)
Jakarta -

Seperti apa penyebab stroke perdarahan? Suami Dee Lestari, Reza Gunawan meninggal dunia di usia 46 tahun akibat penyakit tersebut. Melalui Instagram pribadinya, Dee Lestari bercerita sang suami sempat dirawat di rumah sakit.

Kabar duka meninggalnya Reza Gunawan disampaikan oleh perwakilan dari Dee Lestari, Sari. Diketahui, suami Dee Lestari meninggal pada 6 September 2022 pukul 11.53 WIB.

"Reza telah dirawat di rumah sakit akibat stroke perdarahan dan kini akan melanjutkan pemulihannya di rumah. Ini akan menjadi perjalanan pemulihan yang panjang. Untuk waktu yang tidak bisa dipastikan, Reza belum bisa praktik, membuka kelas, maupun memenuhi undangan mengajar," tulis Dee Lestari yang menyertai foto tangannya menggenggam tangan Reza Gunawan, dikutip dari Instagram miliknya.

Dikutip dari Stroke Association, stroke perdarahan atau disebut stroke hemoragik merupakan kondisi saat seseorang mengalami perdarahan di dalam atau di sekitar otak. Suplai darah ke bagian otak terputus hingga membunuh sel-sel otak.

Kerusakan sel-sel otak dapat memengaruhi cara kerja tubuh, ini juga bisa mengubah cara seseorang berpikir.

Penyebab Stroke Perdarahan

Adapun stroke perdarahan terjadi saat pembuluh darah di otak bocor atau pecah. Pendarahan otak dapat terjadi akibat banyak kondisi yang mempengaruhi pembuluh darah. Faktor-faktor yang berhubungan dengan stroke hemoragik meliputi:

  1. Tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol
  2. Pengobatan berlebihan dengan pengencer darah (antikoagulan)
  3. Tonjolan di titik lemah di dinding pembuluh darah (aneurisma)
  4. Trauma (seperti kecelakaan mobil)
  5. Deposit protein pada dinding pembuluh darah yang menyebabkan kelemahan pada dinding pembuluh darah (cerebral amyloid angiopathy)
  6. Stroke iskemik yang menyebabkan perdarahan
  7. Penyebab perdarahan yang kurang umum di otak adalah pecahnya jalinan pembuluh darah berdinding tipis yang tidak teratur (malformasi arteriovenosa)

Meskipun demikian, menurut dokter spesialis jantung dan pembuluh darah dari Rumah Sakit Siloam, dr Vito Damay, SpJP(K), MKes, AIFO-K, FIHA, FICA, FAsCC, penyebab stroke perdarahan paling umum adalah tekanan darah tinggi yang tak terkontrol.

"Penyebab umum stroke perdarahan adalah tekanan darah tinggi yang tidak terkendali," lanjutnya.



Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT