Apa Itu Sulfur Dioksida-Asam Benzoat? Penyebab Saus-Kecap ABC Ditarik Singapura

ADVERTISEMENT

Apa Itu Sulfur Dioksida-Asam Benzoat? Penyebab Saus-Kecap ABC Ditarik Singapura

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 07 Sep 2022 10:55 WIB
Sambal kecap is hot sauce with soy (kecap)
Mengenal kandungan sulfur dioksida dan asam benzoat yang ditemukan dalam kecap-saus ABC. (Foto ilustrasi: iStock
Jakarta -

Per Selasa (6/9/2022), Badan Pengawas Pangan Singapura (SFA) menarik tiga produk dengan temuan kandungan alergen. Dua produk di antaranya adalah kecap manis dan saus sambal ABC yang berasal dari Indonesia.

SFA mengidentifikasi alergen sulfur dioksida pada kedua produk tersebut. Sementara ditemukan juga adanya kandungan asam benzoat pada saus sambal ayam goreng ABC.

Pihak SFA meyakinkan bahwa kedua kandungan tersebut masih dalam batas yang wajar. Namun, kandungan alergen itu bisa berbahaya bagi sejumlah konsumen yang memiliki alergi.

"Alergen dalam makanan dapat mengakibatkan reaksi alergi pada individu yang sensitif terhadap kandungannya," tulis SFA dalam keterangan resminya, dikutip dari Channel News Asia, Rabu (7/9/2022).

Apa Itu Sulfur Dioksida?

Dikutip dari laman Express Microscience, sulfur dioksida (SO2) digunakan sebagai pengawet karena memiliki sifat antimikroba. Ini berguna untuk menghindari pembusukan yang disebabkan oleh mikroorganisme dan sifat antioksidan untuk menghambat oksidasi kimia dan enzimatik.

Penggunaan SO2 umumnya ditujukan untuk beragam makanan dan minuman, seperti makanan ringan, biskuit, jus buah, sirup, anggur, cider, bis, sayuran dan buah segar atau kering, selai, kacang-kacangan, makanan laut, hingga daging.

Meski begitu, SO2 ini dapat menyebabkan dermatitis, urtikaria, hipotensi, sakit perut, dan diare pada orang yang sensitif dan bisa menimbulkan risiko bagi pengidap asma. Ini juga bisa menyebabkan reaksi alergi seperti sakit kepala dan mual pada individu yang rentan.

NEXT: Apa Itu Asam Benzoat?

Simak Video 'Penyebab Singapura Tarik Produk Saus dan Kecap ABC Asal Indonesia':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT