Reza Gunawan, Praktisi Kesehatan Holistik yang Meninggal di Usia 46 Tahun

ADVERTISEMENT

Reza Gunawan, Praktisi Kesehatan Holistik yang Meninggal di Usia 46 Tahun

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 07 Sep 2022 11:31 WIB
Reza Gunawan dan Dewi Dee Lestari
Mendiang Reza Gunawan dan Dee Lestari (Foto: Instagram @rezagunawan)
Jakarta -

Reza Gunawan, suami penyanyi Dee Lestari, meninggal dunia di usia 46 tahun. Ia meninggal usai 5 pekan menjalani perawatan akibat stroke perdarahan yang dialaminya.

Semasa hidup, sosok Reza Gunawan akrab dengan ilmu terapi holistik. Dalam biodata di akun media sosial pribadinya, tertera keterangan dirinya sebagai praktisi kesehatan holistik, meditasi, dan juga self healing.

Setelah bertahun-tahun mempelajari, Reza Gunawan mendapatkan izin praktik meditasi, dan yoga. Dia juga mendirikan klinik bernama Klinik True Nature Holistic Healing yang mengajarkan teknik penyembuhan CranioSacral, Jin Shin Jyutsu, Clinical Hypnotherapy, dan Energy Psychology.

Dikutip dari laman Healthline, holistik adalah terapi untuk menangani pikiran, tubuh, dan jiwa untuk mendukung kesehatan dan penyembuhan. Biasanya, pengobatan holistik menggabungkan pengobatan tradisional, komplementer dan alternatif (CAM).

"Ini melibatkan semua aspek ke dalam terapi," kata terapis holistik Lenaya Smith Crawford.

Dengan kata lain, terapi holistik menggabungkan kesehatan mental dan emosional dengan aspek pengalaman fisik dan spiritual.

Misalnya, seseorang dengan gangguan stres pasca-trauma (PTSD) mungkin mengalami nyeri fisik dan gemetar. Mereka mungkin juga mengalami kurangnya kepercayaan pada dunia sebagai tempat yang aman dan mengasuh.

Terapi holistik dapat membantu mengatasi semua gejala tersebut, baik gejala fisik, emosional, atau bahkan spiritual.



Simak Video "Enam Anak di Inggris Meninggal Dunia Akibat Infeksi Bakteri Strep A"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT