Viral di Medsos Usai Cowok Curhat Diselingkuhi, Apa Itu Double Standard?

ADVERTISEMENT

Viral di Medsos Usai Cowok Curhat Diselingkuhi, Apa Itu Double Standard?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Rabu, 07 Sep 2022 17:30 WIB
selingkuh, perslingkuhan, binor, pelakor
Foto: ilustrasi selingkuh (Andhika-detik)
Jakarta -

Netizen gaduh menyinggung istilah double standard atau standar ganda usai cerita cowok diselingkuhi oleh pasangannya viral di media sosial. Nggak sedikit yang menghujatnya dan menganggap ia tak perlu menceritakan privasi di medsos.

"Bukti kalau cowok emang dipaksa nggak boleh curhat. Sekalinya curhat, langsung kena rujak sama opini standar ganda," tulis akun Twitter @O*M***3NUS.

Unggahan viral curhatan cowok itu menuai respons beragam netizen. Kebanyakan dari mereka mendukung aksi cowok tersebut mengungkapkan uneg-unegnya tapi ada juga nih yang malah nyinyir dan menganggap laki-laki seharusnya menunjukkan emosinya.

Banyak juga yang menyinggung tentang standar ganda. Netizen cenderung mendukung jika yang curhat adalah wanita.

Hmm... apa sih sebenarnya standar ganda itu?

Istilah standar ganda atau double standard adalah ukuran moral dengan membuat penilaian yang berbeda terhadap situasi yang sebenarnya sama.

Margaret Eichler, penulis The Double Standard: A Feminist Critique of Feminist Social Science, menjelaskan bahwa standar ganda "menyiratkan bahwa dua hal yang sama diukur dengan standar yang berbeda"

Dikutip dari laman Psychology Today, peran gender mempengaruhi tanggapan moral sampai sosial orang lain. Beberapa percaya bahwa perempuan dan laki-laki harus diperlakukan berbeda meski menghadapi hal yang sama.

Contohnya: perempuan boleh curhat di media sosial, sementara laki-laki tidak.

Standar ganda diyakini berkembang dalam pikiran orang karena banyak kemungkinan alasan, termasuk: mencari alasan untuk diri sendiri, emosi, memutarbalikkan fakta untuk mendukung keyakinan (seperti bias konfirmasi, bias kognitif, bias ketertarikan, prasangka atau keinginan untuk Jadilah benar).

Manusia memiliki kecenderungan untuk menilai tindakan orang berdasarkan siapa yang melakukannya.



Simak Video "Perilaku Selingkuh dari Faktor Genetika, Apa Iya?"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT