Diduga Picu Meninggalnya Santri Gontor, Apa Tanda Kematian karena Kelelahan?

ADVERTISEMENT

Diduga Picu Meninggalnya Santri Gontor, Apa Tanda Kematian karena Kelelahan?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Kamis, 08 Sep 2022 15:33 WIB
ponpes gontor
Ponpes Gontor. (Foto: Charoline Pebrianti)
Jakarta -

Heboh kabar santri Ponpes Gontor meninggal dunia. Awalnya santri AM disebut meninggal karena kelelahan.

Setelah kasusnya viral, ada dugaan AM menjadi korban penganiayaan hingga meninggal. Saat ini proses autopsi sedang dilakukan untuk membuktikan penyebab meninggalnya santri AM.

Dokter forensik dr Ade Firmansyah mengatakan tim pemeriksa bisa mengetahui jika seseorang meninggal karena kelelahan dari proses autopsi. Ada beberapa kelainan organ yang terlihat jika penyebab meninggal adalah karena kelelahan.

"Kalau kelelahan itu kan istilah ketika orang itu hidup. Kalau pada mayat, itu ketemu kelainan organ misalnya dehidrasi atau tanda-tanda kekurangan oksigen atau hipoksia," beber dr Ade saat dihubungi detikcom, Kamis (8/9/2022).

"Atau kelainan organ yang diakibatkan dehidrasi misal gangguan pembuluh darah atau gangguan ginjal. Nggak jarang juga dilakukan pemeriksaan penunjang atau tambahan," sambungnya.

Meski tidak terlibat langsung dalam proses autopsi jenazah santri AM, dr Ade mengatakan waktu yang diperlukan dalam mengidentifikasi penyebab meninggal beragam yang juga dipengaruhi oleh kondisi mayat.

"Kan ini sudah beberapa hari ya (korban dikuburkan-red), itu bisa penyulit. Kedua kalau ada gangguan lain seperti penyakit penyerta atau penyakit lain atau ada perlukaan yang tidak spesifik," bebernya.



Simak Video "3 Temuan dari Hasil Autopsi Pemuda yang Wafat Usai Vaksin AstraZeneca"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT