ADVERTISEMENT

Sabtu, 10 Sep 2022 04:59 WIB

Belum Terbukti Bermanfaat, Tren Viral Inhalasi Hidrogen Disorot Dokter Paru

Alethea Pricila - detikHealth
Viral inhalasi hidrogen Tren viral inhalasi hidrogen (Foto: Tangkapan Layar TikTok)
Jakarta -

Alat terapi inhalasi hidrogen saat ini menjadi perbincangan warganet di media sosial. Bermula dari video yang memperlihatkan beberapa ibu-ibu yang berkumpul sambil menggunakan inhalasi hidrogen. Inhalasi hidrogen ini disebut-sebut dapat menyembuhkan banyak penyakit.

"Bisa bantu cegah dan bantu recovery sampai 170 macam penyakit loh," tulis narasi dalam video yang diunggah oleh akun TikTok @rickylwg.

Menanggapi video viral tersebut, Dr dr Agus Dwi Susanto, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) mengingatkan masyarakat untuk tidak latah mengikuti tren viral tersebut.

"Masyarakat disarankan tidak ikut-ikutan menggunakannya karena belum ada bukti bahwa inhalasi hidrogen pada manusia dapat mencegah penyakit," ucapnya kepada detikcom Jumat (9/8/2022).

Adakah Bahaya Penggunaan Inhalasi Hidrogen Tanpa Pengawasan Medis?

dr Agus menjelaskan masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut terkait efektivitas dan efek samping dari terapi inhalasi tersebut. Hal ini membuat hingga saat ini belum diketahui ada tidaknya efek serta bahayanya jika digunakan tanpa pengawasan.

"Ada beberapa penelitian inhalasi hidrogen pada manusia tapi masih sedikit, dengan hasil yang masih bervariasi. Untuk manfaatnya pada manusia masih memerlukan penelitian lebih lanjut dengan skala yang besar," katanya.

Meski begitu, dr Agus menyebut ada beberapa risiko yang akan dialami jika menggunakan selang untuk inhalasi umum, tidak spesifik pada inhalasi hidrogen. Risiko yang akan timbul mulai dari ringan hingga infeksi.

"Beberapa risiko mulai yang ringan seperti iritasi atau perlukaan pada hidung sampai risiko infeksi jika digunakan tanpa perawatan yang betul dan tidak terjaga kebersihannya," pungkasnya.



Simak Video "Dokter Spesialis Paru Bicara soal Viral Emak-emak Inhalasi Hidrogen"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT