ADVERTISEMENT

Selasa, 06 Sep 2022 11:18 WIB

3 Fakta Viral Emak-emak Pakai Inhalasi Hidrogen, Ini Catatan Dokter Paru

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Viral inhalasi hidrogen Inhalasi hidrogen (Foto: Tangkapan Layar TikTok)
Jakarta -

Baru-baru ini viral video emak-emak yang berkumpul sambil menggunakan inhalasi hidrogen. Dalam video tersebut, terdapat narasi yang menyebut inhaler hidrogen memiliki segudang manfaat seperti mencegah penyakit.

"Bisa bantu cegah dan bantu recovery sampai 170 macam penyakit loh," tulis narasi di video tersebut, menyebut kegunaan inhalasi hidrogen yang dipakai.

Lantas, benarkah manfaatnya untuk mencegah ratusan penyakit? Simak penjelasan berikut ini.

Manfaat Inhalasi Hidrogen

Ketua Umum Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr Agus Dwi Susanto, SpP(K) menjelaskan belum ada bukti kuat terkait manfaat kesehatan penggunaan inhalasi hidrogen pada manusia.

Menurutnya, hal tersebut dikarenakan belum ada uji klinis skala besar pada manusia terkait manfaat dan efek samping alat ini.

"Nah jadi penggunaan hidrogen ini belum bisa disimpulkan risiko atau manfaatnya pada manusia. Kenapa? Karena penelitian baru ada pada binatang yaitu diberikan molekul hidrogen itu kalau di inhalasi atau diuap ada cukup baik efek antioksidan dan protektif," ucapnya dihubungi detikcom, Senin (5/9/2022).

"Namun hingga saat ini belum ada uji klinis dan efek samping secara besar pada manusia. Jadi perlu uji lebih lanjut pada manusia. Jadi tidak bisa disimpulkan ini baik atau tidak," sambungnya.

dr Agus juga mengungkapkan, sampai saat ini alat inhalasi hidrogen belum menjadi rujukan standar kesehatan, khususnya untuk pengobatan paru-paru.

Sementara itu, dokter spesialis paru dr Erlang Samoedro, SpP, FISR, dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menegaskan penggunaan inhalasi hidrogen hanya sebagai agen terapi tambahan dan tidak menggeser terapi atau pengobatan utama.

"Catatan ini sebagai agen terapi tambahan saja, tidak menggeser terapi atau pengobatan utama pasien paru-paru atau peradangan misalnya. Karena ini kan cuma antioksidan saja," pungkasnya.

Inhalasi Hidrogen Boleh Dipakai Bebarengan?

Dalam kesempatan yang berbeda, dr Andi Pratama, SpPD menjelaskan, satu selang inhalasi tersebut bisa dipakai bersamaan asal dibersihkan terlebih dahulu sebelum dipakai oleh orang lain.

"Kalau tumblrnya sih nggak usah dilakukan sterilisasi. Seperti tabung oksigen kan nggak tiap ganti orang dicuci, yang penting selangnya," paparnya.

Berapa Harga Inhalasi Hidrogen?

Inhalasi hidrogen yang digunakan dalam video tersebut menggunakan alat dari Fontaine. Hal ini diungkapkan langsung oleh pengunggah video viral di TikTok @rickytanlwg.

"Ini bukan sakit ya gengs. Tapi lagi inhalasi hidrogen dari Fontaine, biar makin sehat guys," tulisnya.

Adapun satu paket alat inhalasi hidrogen oleh Fontaine ini dibanderol Rp 3,9 juta yang berisi 'water fountain' atau alat yang disebut bisa mengoksidasi komponen air dan hidrogen dan juga selang untuk inhalasi.



Simak Video "Dokter Spesialis Paru Bicara soal Viral Emak-emak Inhalasi Hidrogen"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT