Viral Inhalasi Hidrogen Diklaim Bisa Tangani 170 Penyakit, Dokter Buka Suara

ADVERTISEMENT

Viral Inhalasi Hidrogen Diklaim Bisa Tangani 170 Penyakit, Dokter Buka Suara

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Senin, 05 Sep 2022 14:32 WIB
Viral inhalasi hidrogen
Emak-emak berkumpul sambil memakai inhalasi hidrogen. Foto: Tangkapan Layar TikTok
Jakarta -

Alat terapi inhalasi hidrogen mendadak jadi perbincangan netizen di media sosial. Pasalnya beredar video yang belakangan viral memperlihatkan emak-emak yang berkumpul sambil menggunakan inhalasi hidrogen.

"Bisa bantu cegah dan bantu recovery sampai 170 macam penyakit loh," tulis narasi di video tersebut, menyebut kegunaan inhalasi hidrogen yang dipakai.

Video yang mulanya diunggah oleh akun TikTok @rickytanlwg tersebut, menimbulkan berbagai respons netizen di sosial media.

"Sekte ini bakal pake alat apapun dan cara apapun kecuali pola hidup sehat. Heran," tulis salah satu pengguna twitter mengomentari video tersebut.

Dokter spesialis paru dr Erlang Samoedro, SpP, FISR, dari Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) menyatakan memang terdapat manfaat secara medis dari inhalasi hidrogen terutama sebagai antioksidan.

"Dari beberapa penelitian ada manfaatnya terutama sebagai antioksidan. Dapat juga sebagai anti radang terutama pada pasien asma akan bersifat menstabilkan saluran napas," ujarnya dihubungi detikcom, Senin (5/9/2022).

Namun dr Erlang menegaskan bahwa inhalasi hidrogen hanya digunakan sebagai agen terapi tambahan. Menurutnya tetap alat ini tidak bisa menggeser terapi utama dan pengobatan penyakit.

"Catatan ini sebagai agen terapi tambahan saja, tidak menggeser terapi atau pengobatan utama pasien paru-paru atau peradangan misalnya. Karena ini kan cuma antioksidan saja," sambungnya.



Simak Video "Dokter Spesialis Paru Bicara soal Viral Emak-emak Inhalasi Hidrogen"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT