Bikin Takut Rebahan, Disebut Pertanda Ajal hingga Indikasi Gangguan Jiwa

ADVERTISEMENT

Bikin Takut Rebahan, Disebut Pertanda Ajal hingga Indikasi Gangguan Jiwa

AN Uyung Pramudiarja - detikHealth
Minggu, 11 Sep 2022 07:06 WIB
Asian Teenager Boring while watching tv at home in the nighttime.
Ilustrasi rebahan (Foto: Getty Images/iStockphoto/ATHVisions)
Jakarta -

Rebahan menjadi simbol gaya hidup sedentari alias kurang gerak, sehingga tidak dianjurkan untuk dilakukan terlalu sering. Tapi apa iya, rebahan mengindikasikan gangguan jiwa?

Tudingan bahwa rebahan mengindikasikan gangguan jiwa ringan mencuat lewat sebuah video viral yang diperagakan seorang wanita dengan busana nakes (tenaga kesehatan). Dalam video tersebut, disebutkan bahwa malas mandi dan suka rebahan menandakan gangguan jiwa tahap awal.

Sontak, video ini menuai cibiran. Tak lain karena terlalu mudah melabeli gangguan jiwa, sementara para profesional kesehatan mental sangat tidak menyarankan self diagnosis.

Di sisi lain, psikiater dari RS Jiwa dr H Marzoeki Mahdi Bogor dr Lahargo Kembaren, SpJK, mengingatkan bahwa informasi yang beredar di media sosial seringkali tidak benar. Ia juga mengingatkan adanya risiko jika seseorang melakukan self diagnosis terkait masalah kesehatan mental.

"Informasi yang tersedia di internet seringkali tidak dapat dipertanggungjawabkan secara medis atau tidak evidence-based medicine," katanya kepada detikcom, Rabu (31/8/2022).

Pertanda ajal sudah dekat

Sementara itu, rebahan juga dikaitkan dengan tanda-tanda fungsi tubuh yang melemah. Bahkan dalam sebuah artikel di Healthline, disebutkan sebagai salah satu pertanda ajal sudah dekat.

Penjelasan yang menyertainya menyebut bahwa beberapa bulan sebelum seseorang meninggal, sistem metabolusmenya menurun. Tanpa adanya suplai yang memadahi, tubuh jadi mudah letih dan bawaannya ingin tidur melulu.



Simak Video " Perjalanan Hidup Ade Rai, Dari Bulutangkis ke Binaraga"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT