ADVERTISEMENT

Senin, 12 Sep 2022 08:36 WIB

5 Makanan Pembersih Ginjal, Ampuh Hempaskan Racun di Dalam Tubuh

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Ilustrasi ginjal Ilustrasi ginjal. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Ben-Schonewille)
Jakarta -

Ginjal adalah organ kecil yang menakjubkan. Setiap hari, mereka memproses sekitar 200 liter darah, membuang kelebihan air dan produk limbah, membuang racun dan menjaga agar tubuh berfungsi dengan lancar.

Jika ginjal tidak mampu mengeluarkan racun dan limbah dari tubuh, mereka akan menumpuk di dalam tubuh dan menghambat fungsi normal ginjal, hati dan organ lainnya, mengakibatkan kelelahan, sakit perut, sakit kepala, retensi air dan masalah lainnya.

Namun jangan khawatir, ada beberapa makanan yang dipercaya mampu membersihkan ginjal agar bisa membuang racun dalam tubuh. Berikut di antaranya dikutip dari berbagai sumber.

Makanan untuk membersihkan ginjal

1. Anggur

Anggur dan beberapa buah beri mengandung senyawa bermanfaat yang disebut resveratrol. Dalam satu penelitian, resveratrol mampu menurunkan peradangan pada ginjal.

Hal ini membuat banyak peneliti menganjurkan mengonsumsi anggur setiap hari agar mencegah paparan radikal bebas dan racun di udara.

2. Jus buah

Jus lemon, jeruk, dan melon semuanya mengandung asam sitrat yang dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal dengan mengikat kalsium dalam urine.

3. Rumput laut

Rumput laut terutama rumput laut coklat (phaeophyceae) telah diteliti dapat memberikan efek menguntungkan pada pankreas, ginjal, dan hati. Sebuah studi pada 2014 menunjukkan, hewan yang diberi makan rumput laut selama 22 hari menunjukkan penurunan kerusakan ginjal dan hati akibat diabetes.

4. Delima

Baik jus dan biji delima mengandung potasium dalam jumlah besar dan karenanya efektif dalam menghilangkan batu ginjal. Kalium menurunkan keasaman urin, mencegah pembentukan batu karena sifat astringennya, membatasi kristalisasi mineral, dan membuang racun dan limbah dari ginjal.

5. Kurma

Kurma yang direndam dalam air selama 24 jam kemudian dikonsumsi setelah bijinya dibuang akan efektif melarutkan dan membuang batu ginjal. Kurma kaya akan serat, membantu mengurangi risiko batu ginjal. Kandungan magnesium dalam kurma juga membersihkan ginjal.



Simak Video "Temuan Terkini soal Kasus Kematian Puluhan Anak Gambia Terkait Paracetamol"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT