Dokter Temukan Borok di Perut, Sidang Eks PM Malaysia Najib Razak Ditunda

ADVERTISEMENT

Dokter Temukan Borok di Perut, Sidang Eks PM Malaysia Najib Razak Ditunda

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Selasa, 13 Sep 2022 06:00 WIB
Former Malaysian Prime Minister Najib Razak gestures during the break of his court proceeding at the Federal Court, in Putrajaya, Malaysia August 23, 2022. REUTERS/Hasnoor Hussain
Najib Razak (Foto: REUTERS/HASNOOR HUSSAIN)
Jakarta -

Mantan Perdana Menteri (PM) Malaysia Najib Razak kembali dibawa ke rumah sakit pada akhir pekan. Dokter mendapati borok di bagian perut pada terpidana skandal korupsi 1Malaysia Development Berhad (1MDB) tersebut.

Kondisi kesehatan Najib dikabarkan oleh putrinya, Nooryana Najwa, dalam pernyataannya lewat unggahan instagram. Salah satu prosedur yang dijalani Najib adalah endoskopi yakni pemeriksaan dengan endoskop atau teropong untuk memeriksa rongga di bagian tubuh. Nooryana menyatakan dokter menemukan beberapa borok baru di dalam perut Najib pada pemeriksaan tersebut.

"Selama endoskopi, para dokter di HKL (Rumah Sakit Kuala Lumpur-red) juga melakukan biopsi yang menyebabkan sejumlah pendarahan dan borok itu harus dipotong untuk menghentikan pendarahan," tutur Nooryana soal kondisi Najib, dikutip dari The Star, Senin (12/9/2022).

"Para dokter juga mengubah obatnya, dari yang biasa diminum selama bertahun-tahun dan mengirimnya kembali ke Kajang," tutur Nooryana dalam postingannya, merujuk pada penjara Kajang tempat Najib ditahan.

Senin pagi (12/9), Nooryana juga menyatakan hasil pemeriksaan menunjukkan tekanan darah Najib sangat tinggi yang mungkin disebabkan karena perubahan obat.

Hakim Collin Lawrence Sequerah setuju untuk menunda persidangan kasus 1MDB pada Senin (12/9) siang, untuk memungkinkan Najib mendapatkan perawatan medis setelah wakil jaksa Gopal Sri Ram membahas masalah itu di pengadilan.

Sebelumnya dalam unggahan Instagram Story, Nooryana pada Senin (5/9), mengatakan bahwa ayahnya rentan terhadap peradangan tukak lambung terutama pada saat kondisi stres. Tukak lambung membuat kerusakan lapisan lambung yang terus menerus berlanjut dan menyebabkan luka atau tukak yaitu luka terbuka di lambung.



Simak Video "Kurang Serat Harian, Penyebab Sembelit, dan Imunitas Menurun"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT