10 Makanan Pembersih Hati yang Kotor, Hempaskan Racun di Tubuh

ADVERTISEMENT

10 Makanan Pembersih Hati yang Kotor, Hempaskan Racun di Tubuh

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Selasa, 13 Sep 2022 12:46 WIB
ilustrasi liver
Makanan pembersih hati yang bisa membantu membuah racun di tubuh. (Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta -

Makanan pembersih hati ternyata sangat penting untuk tubuh, terlebih dengan gaya hidup masyarakat yang kurang sehat. Misalnya makan berlebihan, mengkonsumsi makanan olahan, atau gorengan.

Kebiasaan itu bisa berdampak buruk pada organ hati manusia. Itu membuat hati atau liver tidak bisa memproses racun dan lemak dengan baik.

Untuk mengatasi ini, mungkin kebanyakan orang akan mengkonsumsi suplemen untuk membersihkan hati. Tapi, makan makanan pembersih hati juga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan fungsi hati.

Dikutip dari laman Explore Global Healing, ini 10 makanan pembersih hati terbaik yang efektif membuang racun dan lemak di tubuh.

Makanan Pembersih Hati

1. Bawang Putih

Ternyata bawang putih memiliki kemampuan untuk mengaktifkan enzim hati yang membantu tubuh mengeluarkan racun. Bawang putih juga mengandung allicin dan selenium dalam jumlah tinggi, yang membantu membersihkan organ hati.

2. Jeruk Bali

Jeruk bali termasuk salah satu makanan pembersih hati. Ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu membersihkan hati secara alami.

Cobalah minum segelas kecil jus jeruk bali segar untuk meningkatkan produksi enzim detoksifikasi hati, yang membantu membuang karsinogen dan racun lainnya.

3. Bit dan Wortel

Kedua makanan pembersih hati ini mengandung flavonoid dan beta-karoten yang sangat tinggi. Jika mengkonsumsi keduanya, bisa merangsang dan mendukung fungsi hati secara keseluruhan.

4. Sayuran Berdaun Hijau

Salah satu makanan pembersih hati yang paling kuat adalah sayuran berdaun hijau, bisa dikonsumsi mentah, dimasak, atau dijus. Dengan kandungan klorofil yang sangat tinggi ini bisa menyerap racun dari aliran darah.

Makanan pembersih hati ini menawarkan mekanisme perlindungan yang kuat untuk hati. Contohnya seperti arugula, dandelion, bayam, sawi, hingga pare. Ini akan meningkatkan produksi dan aliran empedu, zat yang membuang limbah dari organ dan darah.

5. Alpukat

Makanan super padat nutrisi ini juga membantu tubuh memproduksi glutathione. Itu adalah senyawa yang diperlukan hati untuk membersihkan racun berbahaya.

6. Apel

Makanan pembersih hati satu ini tinggi pektin yang sangat diperlukan tubuh untuk membersihkan dan melepaskan racun dari saluran pencernaan. Nantinya, itu akan memudahkan hati untuk menangani beban racun selama proses pembersihan.

7. Minyak Zaitun

Minyak organis seperti zaitun, rami, dan biji rami sangat bagus untuk hati jika digunakan dalam jumlah sedang. Mereka akan membantu tubuh dengan menyediakan basis lipid yang bisa menyerap racun berbahaya dalam tubuh.

8. Sayuran Cruciferous

Brokoli dan kembang kol adalah sumber glukosinolat yang baik, yang mendukung produksi enzim di hati. Enzim ini mengeluarkan karsinogen dan racun lain dari tubuh, dan secara signifikan bisa menurunkan risiko yang terkait dengan kanker.

9. Kubis

Sama seperti brokoli dan kembang kol, makanan pembersih hati satu ini merangsang enzim detoksifikasi hati yang membantu membuang racun. Contoh makanan yang bisa dikonsumsi dari kubis seperti kimchi, sup kubis, hingga asinan kubis.

10. Lemon dan Jeruk Nipis

Kedua buah ini kaya akan vitamin C yang bisa membantu tubuh mensintesis bahan beracun menjadi zat yang dapat diserap air. Minumlah air perasan lemon atau jeruk nipis di pagi hari untuk merangsang kerja hati.



Simak Video "AIDS dan 10 Gejala Umumnya: Batuk Kering-Demam"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT