ADVERTISEMENT

Kamis, 08 Sep 2022 15:54 WIB

7 Makanan untuk Membersihkan Hati dari Tumpukan Racun Tubuh

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi liver Makanan untuk membersihkan hati. Ilustrasi hati (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Dari semua organ di dalam tubuh manusia, hati termasuk salah satu organ yang paling penting. Organ ini memiliki banyak fungsi di dalam tubuh, seperti membuang racun, memproduksi dan mengeluarkan empedu, hingga mengubah laktat menjadi energi. Karenanya, penting untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti mengonsumsi makanan untuk membersihkan hati.

Pasalnya, jika fungsi hati terganggu dan mengalami kerusakan, tentunya bisa menyebabkan sejumlah komplikasi kesehatan yang serius. Begitu juga tanpa organ hati tubuh manusia tidak akan berfungsi dengan baik.

"Hati adalah satu-satunya organ yang membersihkan dirinya sendiri. Hanya saja apa pun yang kita makan dan minum didetoksifikasi oleh hati. Oleh karena itu penting untuk memberi makan makanan yang baik ke tubuh agar tidak membebani hati," ucap Konsultan Ahli Gizi Dr Rupali Datta, dikutip dari NDTV FOOD.

Makanan untuk Membersihkan Hati

Berikut beberapa bahan alami yang diyakini bisa membantu membersihkan hati:

1. Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa belerang tertentu, berguna untuk mendukung hati dan mengaktifkan enzim hati yang bertanggung jawab untuk membuang racun dan limbah dari tubuh. Selain senyawa belerang, bawang putih juga mengandung selenium, yakni mineral penting yang membantu dalam detoksifikasi.

2. Sayuran Hijau

Beberapa sayuran hijau, seperti bayam, sawi, dan lainnya ternyata mengandung berbagai senyawa pembersih loh. Bahkan, mereka bisa membantu merangsang aliran empedu.

3. Makanan Kaya Serat

Apel, wortel, kembang kol, bit, dan lainnya sangat berguna untuk mempercepat pembuangan racun di dalam tubuh, sekaligus memberikan dukungan pada saluran pencernaan.

4. Teh Hijau

Teh hijau memiliki antioksidan nabati yang dikenal sebagai katekin, senyawa yang bisa membantu fungsi hati dan menghilangkan akumulasi lemak hati. Cobalah untuk minum 2 sampai 3 cangkir teh hijau setiap hari untuk memastikan hati tetap sehat.

5. Kunyit

Rempah-rempah yang satu ini diklaim ampuh membantu menjaga kesehatan hati dengan melindungi dari kerusakan hati, serta meregenerasi sel-sel hati yang sehat. Bahkan, kunyit juga bisa membantu meningkatkan produksi empedu dan fungsi kandung empedu secara keseluruhan.

6. Buah Sitrus

Buah-buahan seperti jeruk, lemon, maupun jeruk bali memiliki kandungan vitamin C dan antioksidan yang dikenal ampuh sebagai pembersih hati. Buah-buahan tersebut juga bisa meningkatkan produksi enzim detoksifikasi hati loh.

7. Kenari

Kenari memiliki kandungan asam amino yang dikenal sebagai arginin. Adapun fungsinya mendukung pembersihan hati. Selain itu, kenari juga tinggi glutathione dan asam lemak omega-3 yang juga mendukung detoksifikasi hati.



Simak Video "Uniknya Klinik Gigi dengan Tema Bioskop di Bintaro"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT