ADVERTISEMENT

Selasa, 13 Sep 2022 17:00 WIB

Viral Penampakan Wajah Vs Leher yang Pakai Sunscreen dan Tidak

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Viral pakai sunscreen dan tidak Viral perbandingan wajah dan leher yang dioleskan sunscreen dan tidak. (Foto: Tangkapan Layar viral)
Jakarta -

Viral potret wajah dan leher seorang wanita, 92, yang selama 40 tahun menggunakan tabir surya di wajahnya tetapi tidak di lehernya. Dalam foto tersebut sangat terlihat perbedaan yang kontras di wajah dan lehernya.

Dr Avi Bitterman, dokter kulit di New York, memposting foto tersebut di Twitter dan akhirnya menjadi viral. Foto itu menunjukkan kerusakan akibat sinar matahari pada kulit lehernya dan perubahan warna yang jauh lebih sedikit dan kerutan di wajahnya yang lebih sedikit di mana dia mengoleskan tabir surya.

"Pipi dan leher seorang wanita berusia 92 tahun, yang menggunakan pelembab pelindung UV di wajahnya tetapi tidak di leher selama 40+ tahun," tulis Dr Avi.


Dikutip dari SCMP, foto tersebut awalnya diterbitkan dalam Journal of The European Academy of Dermatology and Venereology pada Oktober 2021 sebagai bagian dari laporan tentang kanker kulit dan penuaan sebagai contoh efek perlindungan sinar matahari.

Sinar UV, radiasi tak terlihat dari matahari atau sumber buatan seperti tanning bed, dapat merusak sel-sel kulit dan menyebabkan perubahan warna dan kerutan permanen.

Paparan sinar UV juga merupakan penyebab kanker kulit yang paling dapat dicegah, yang sejauh ini merupakan jenis kanker yang paling umum, menurut American Cancer Society.

Untuk menghindari kerusakan akibat sinar matahari, semua orang, selain bayi di bawah enam bulan, harus mengoleskan tabir surya dengan faktor perlindungan matahari (SPF) 15, atau lebih tinggi, ke semua area tubuh yang terbuka sebelum pergi ke luar jika indeks UV tiga atau lebih tinggi.



Simak Video "Viral 'Fetish KTP' Diduga Penipuan, Ini Kata Dokter Boyke"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT