Mungkinkah HIV Menular lewat Gigitan Nyamuk? Pakar IDI Bilang Begini

ADVERTISEMENT

Mungkinkah HIV Menular lewat Gigitan Nyamuk? Pakar IDI Bilang Begini

Vidya Pinandhita - detikHealth
Selasa, 13 Sep 2022 17:30 WIB
Laboratory Request, Hiv Test, Hiv Positive
Ilustrasi (Foto: Getty Images/iStockphoto/atakan)
Jakarta -

Pengurus Ikatan Dokter Indonesia (IDI) menjelaskan human immunodeficiency virus (HIV) tidak menular melalui gigitan nyamuk. Memang benar, gigitan nyamuk bisa menularkan penyakit seperti demam berdarah dan malaria. Namun, tidak dengan penularan HIV.

Hal tersebut disampaikan oleh spesialis penyakit dalam subspesialis hematologi-onkologi (Kanker) dari Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Prof Zubairi Djoerban.

Mengingat, Prof Zubairi merupakan sosok penemu kasus pertama HIV di Indonesia pada 1980-an.

Dalam unggahan di akun Twitter resminya @ProfesorZubairi, ia menyinggung tersapat kasus, pasien bukan HIV di rumah sakit minta dipindahkan kamar rawat inapnya lantaran berada satu kamar dengan pasien HIV. Pasalnya pasien bukan HIV tersebut khawatir, bisa tertular HIV dari gigitan nyamuk pada pasien HIV.

"Sebenarnya ini (bisa atau tidak HIV menular lewat gigitan nyamuk) bukan isu baru. Namun, tidak ada fakta medis yang menyatakan bahwa gigitan nyamuk itu dapat menularkan HIV," terang Profesor Zubairi, dikutip dari laman Twitternya, Selasa (13/9/2022).

Lebih lanjut Profesor Zubairi menjelaskan, memang benar gigitan nyamuk bisa menularkan berbagai penyakit seperti demam berdarah atau malaria. Namun tidak dengan HIV dan Aids.

"Virus HIV di tubuh nyamuk itu nggak tenang, rentan, dan tidak bisa hidup alias akan mati dengan cepat," jelas Prof Zubairi.

"Termasuk berbagi alat makan, mandi, gigitan nyamuk, batuk, bersin, keringat, itu semua tidak dapat menularkan HIV," pungkasnya.

Dalam kesempatan sebelumnya, Prof Zubairi sempat menjelaskan bahwa terdapat setidaknya empat cara penularan HIV. Di antaranya tak lain hubungan seksual, penggunaan narkotika, dan penularan dari ibu ke janin melalui kehamilan.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT