5 Minuman Pembersih Usus Kotor, Bikin Pencernaan Makin Lancar

ADVERTISEMENT

5 Minuman Pembersih Usus Kotor, Bikin Pencernaan Makin Lancar

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Rabu, 14 Sep 2022 16:00 WIB
ilustrasi usus
minuman pembersih usus (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Minuman pembersih usus merupakan salah satu cara mendetoksifikasi bakteri jahat di dalam tubuh. Mengingat usus manusia merupakan rumah bagi lebih dari 100 triliun mikroorganisme yang berasal dari makanan dan gabungan bakteri jahat maupun baik. Bila jumlah bakteri jahat lebih banyak di dalam tubuh, ini bisa menyebabkan sejumlah gangguan kesehatan, termasuk penyakit serius.

Adapun sistem pencernaan yang bekerja secara normal dapat meningkatkan kekebalan tubuh. Bahkan, peneliti percaya bahwa ada hubungan kuat antara usus besar yang bersih dan bebas racun dengan penurunan berat badan.

Minuman Pembersih Usus

Dikutip dari Medicinenet, berikut beberapa minuman pembersih usus yang bisa dicoba di rumah.

1. Air Putih

Minum banyak air putih dan tetap terhidrasi adalah cara paling sederhana untuk mengatur pencernaan. Usahakan minum enam sampai delapan gelas air hangat per hari untuk membersihkan usus yang kotor. Selain itu, makan buah dan sayuran segar dengan kandungan air yang tinggi seperti semangka dan tomat akan sangat membantu.

2. Air Lemon dan Madu

Konsumsi campurkan jus lemon segar dengan satu sendok teh madu di pagi hari saat perut kosong membantu membersihkan usus yang kotor.

3. Jus dan Smoothie

Minuman pembersih usus berikutnya jus dan smoothie. Jus adalah pembersih usus besar yang populer. Namun, tidak ada cukup penelitian tentang ini untuk usus besar. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan risiko.

Meski begitu, asupan jus dalam jumlah sedang bisa bermanfaat bagi tubuh termasuk usus besar. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan, membantu tubuh tetap terhidrasi.

Penelitian 2015 silam menemukan vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Vitamin C ditemukan dalam banyak buah dan sayuran yang ditambahkan ke campuran jus.

Sedangkan smoothie, bisa lebih bermanfaat bagi usus besar dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan ampas dan kulit biasanya hilang saat membuat jus, jus mengandung lebih sedikit serat. Serat sangat bagus untuk usus besar dan smoothie mengandung lebih banyak serat.

4. Teh Herbal

Teh herbal dapat membantu kesehatan pencernaan melalui usus besar. 'Ramuan pencahar' seperti psyllium, lidah buaya, akar marshmallow, dan elm licin dapat membantu mengatasi sembelit. Pastikan untuk berbicara dengan dokter dan ikuti petunjuk dengan cermat sebelum menggunakan ramuan ini.

Herbal lain seperti jahe, bawang putih, dan cabai rawit mengandung fitokimia antimikroba. Ini dianggap menekan bakteri jahat.

5. Jahe

Bahan alami yang satu ini memiliki manfaat untuk merangsang pencernaan. Satu sendok teh jahe dan madu dapat dicampur dengan satu cangkir air hangat. Ini bisa dikonsumsi sekali atau dua kali sehari.

(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT