ADVERTISEMENT

Senin, 05 Sep 2022 13:45 WIB

Cara Membersihkan Usus Besar Ternyata Mudah Banget, Konsumsi 5 Makanan Ini!

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
usus besar Cara membersihkan usus besar (Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Usus besar merupakan salah satu organ penyimpan limbah makanan atau feses sebelum akhirnya dibuang melalui anus. Organ ini terletak di paling ujung dari proses pencernaan, sehingga berfungsi mengambil dan menyerap zat-zat dari sisa makanan yang telah diolah. Dikarenakan berada paling akhir, usus besar menjadi organ yang banyak menyimpan penyakit. Tak ayal banyak orang yang mencari cara membersihkan usus besar.

Pasalnya nggak hanya diare maupun sembelit, usus besar yang kotor bisa memicu penyakit serius, seperti infeksi usus, kanker, hingga radang usus. Perawatannya pun tidak main-main karena membutuhkan waktu yang cukup lama dan pembedahan. Jadi, penting untuk membersihkan usus besar atau dikenal juga sebagai detoksifikasi.

Cara Membersihkan Usus Besar

1. Makanan Nabati (Plant-based)

Mengonsumsi makanan dari tumbuhan, seperti sayur mayur, kacang-kacangan, biji-bijian, dan buah disarankan untuk membersihkan usus besar. Ahli diet klinis di Rush University Medical Center, Kaitlyn Eisenberg, MS, RDN, mengungkapkan bahwa setiap pigmen dari tumbuhan memberikan nutrisi berbeda-beda bagi kesehatan tubuh. Juga, berfungsi memperkuat sistem kekebalan imun guna terhindar dari infeksi dan peradangan.

Jika seseorang memakan lebih banyak karbohidrat dengan lauk nabati yang cukup rendah, sebaiknya tinggal pola makan tersebut. Pola makan yang baik setidaknya terdapat setengah piring lauk nabati, seperti tempe, tahu, sayur, atau rebusan kacang merah untuk memberikan banyak vitamin, mineral, dan serat. Makanan ini juga mengandung antioksidan yang dapat melawan dan mengikat secara alami sel-sel kanker dalam usus.

2. Jus dan Smoothie

Jus adalah pembersih usus besar yang populer. Namun, tidak ada cukup penelitian tentang ini untuk usus besar. Faktanya, beberapa penelitian menunjukkan risiko.

Meski begitu, asupan jus dalam jumlah sedang bisa bermanfaat bagi tubuh termasuk usus besar. Campuran jus mengandung beberapa serat dan nutrisi yang bermanfaat bagi pencernaan, membantu tubuh tetap terhidrasi.

Penelitian 2015 silam menemukan vitamin C dapat membantu membersihkan usus besar. Vitamin C ditemukan dalam banyak buah dan sayuran yang ditambahkan ke campuran jus.

Sedangkan smoothie, bisa lebih bermanfaat bagi usus besar dan kesehatan secara keseluruhan. Hal ini dikarenakan ampas dan kulit biasanya hilang saat membuat jus, jus mengandung lebih sedikit serat. Serat sangat bagus untuk usus besar dan smoothie mengandung lebih banyak serat.

3. Teh Herbal

Teh herbal dapat membantu kesehatan pencernaan melalui usus besar. 'Ramuan pencahar' seperti psyllium, lidah buaya, akar marshmallow, dan elm licin dapat membantu mengatasi sembelit. Pastikan untuk berbicara dengan dokter dan ikuti petunjuk dengan cermat sebelum menggunakan ramuan ini.

Herbal lain seperti jahe, bawang putih, dan cabai rawit mengandung fitokimia antimikroba. Ini dianggap menekan bakteri jahat.

4. Makanan Berserat

Mengonsumsi makanan berserat juga bisa sebagai cara membersihkan usus besar, misalnya pepaya. Setidaknya, terdapat 3-5 gram kandungan serat pada sebuah pepaya berukuran kecil. Selain itu, kacang almond dan mete memiliki 13-14 gram serat per 100 gramnya.

Produk biji-bijian utuh pun merupakan makanan ramah usus karena mengandung lebih banyak zat baik yang dapat menyehatkan usus secara alami. Beberapa contoh biji-bijian utuh adalah beras merah dan oatmeal.

5. Probiotik

Menambahkan probiotik ke dalam program diet menjadi cara lain untuk membersihkan usus besar. Ini juga meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dengan banyak cara lain.

Ada sejumlah probiotik alami yang bisa didapat dari makanan, seperti yogurt, kimchi, acar, dan makanan fermentasi lainnya.

Probiotik memperkenalkan bakteri baik ke usus dengan bantuan serat dan pati resisten. Ini mengekang peradangan dan meningkatkan keteraturan, dua elemen kesehatan pencernaan yang berhubungan dengan usus besar.

Cuka sari apel juga dianggap sebagai probiotik dan termasuk bermanfaat untuk membersihkan usus besar. Enzim dan asam yang terkandung dalam cuka sari apel diduga menekan bakteri jahat. Saat ini, sangat sedikit penelitian berbasis hewan tentang hal ini.



Simak Video "Bakteri Usus Membantu Melawan Gejala Covid-19 pada Anak-anak"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT