ADVERTISEMENT

Jumat, 16 Sep 2022 09:00 WIB

Dokter Menjawab

Bisakah Tumor Jinak di Payudara Berubah Menjadi Kanker Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
closeup woman hands self breast examination hand checking her breast cancer sign Foto: Getty Images/iStockphoto/Doucefleur
Jakarta -

Pertanyaan:

Penjelasan hasil pemeriksaan pasien:

Tampak lesi hipoekoik, lonjong, batas tegas, tepi reguler lobulated diameter 1.66-2.4cm. Di jam 12 periareolar payudara kanan, tidak tampak lesi fokal solid/kistik pada kuadran lain payudara kanan kiri.

Kutis dan subkutis tidak tampak kelainan, tidak tampak limfadenopati aksila kanan kiri.

Lesi solid benigna periareolar payudara kanan (birads 2). Sebagai tambahan, saya sudah test penanda tumor payudara CEA HASIL <5.

Yang saya mau tanyakan:

Bisakah hasil tersebut dari jinak berubah ganas (kanker), dan kemungkinannya berapa %?

Jika diangkat, apakah angkat tumor saja atau angkat payudara (Mastektomi)?

Jika sudah Mastektomi, apakah ada kemungkinan terkena kanker payudara?

Bolehkah tidak dioperasi?

DR (wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

1. Tumor jinak dan tumor ganas adalah 2 penyakit yang berbeda. Tumor ganas bisa muncul dari mana saja, bisa dari jaringan yang sehat, bisa juga dari tumor jinak. Kemungkinan tumor jinak menjadi kanker hampir sama kesempatannya dengan jaringan yang sehat menjadi kanker. Jadi kecil kemungkinan tumor jinak menjadi kanker.

2. Karena dari hasil USG payudara dicurigai jinak, maka tindakannya dengan mengangkat tumornya saja.

3. Jika sudah di mastektomi (angkat payudara), masih mungkin terkena kanker di payudara sebelahnya. Bisa juga muncul lagi berupa kekambuhan di daerah bekas operasi, di kelenjar getah bening ketiak sisi payudara yang sudah diangkat, atau penyebaran jauh ke organ lain (metastasis).

4. Boleh tidak dioperasi jika dari pemeriksaan dicurigai jinak, tidak ada gangguan dan setelah diobservasi beberapa waktu tidak membesar.

dr Haris Maruli, SpB(K)Onk

Dokter spesialis Bedah Onkologi

Primaya Hospital Bekasi Barat

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Marshanda Idap Tumor Payudara, Kini Jalani Pengobatan di Singapura"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT