China Larang Warganya Dekat-dekat Orang Asing, Ada Apa Nih?

ADVERTISEMENT

China Larang Warganya Dekat-dekat Orang Asing, Ada Apa Nih?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Senin, 19 Sep 2022 14:25 WIB
People line up outside a makeshift nucleic acid testing site during a mass testing for the coronavirus disease (COVID-19) in Haidian district of Beijing, China April 26, 2022. REUTERS/Carlos Garcia Rawlins
Foto: REUTERS/Carlos Garcia Rawlins
Jakarta -

Seorang pejabat kesehatan senior Tiongkok menyarankan orang untuk menghindari kontak fisik dengan bule atau orang asing untuk mencegah kemungkinan infeksi cacar monyet. Imbauannya ini keluar menyusul dilaporkannya satu kasus cacar monyet di dataran China.

"Untuk mencegah kemungkinan infeksi cacar monyet dan sebagai bagian dari gaya hidup sehat kita, disarankan agar 1) Anda tidak melakukan kontak kulit langsung dengan orang asing," kata Wu Zunyou, kepala ahli epidemiologi di Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit China di laman Weibonya dikutip dari Reuters, Senin (19/9/2022).

Wu juga meminta orang-orang untuk menghindari kontak kulit-ke-kulit dengan orang-orang yang telah berada di luar negeri dalam tiga minggu terakhir serta semua orang asing.

"Perlu dan sangat penting untuk memperkuat pengawasan dan pencegahan epidemi cacar monyet di tingkat sosial," tulisnya.

Beberapa warga mengomentari imbauannya tersebut, mempertanyakan mengapa orang asing di Tiongkok, yang banyak di antaranya adalah penduduk jangka panjang dan belum pergi dari China karena hambatan COVID-19, dianggap lebih berbahaya daripada penduduk setempat.

Wu tidak segera menanggapi permintaan untuk mengomentari hal ini.



Simak Video "Tenang! Foto Cacar Monyet Tidak Seseram di Internet"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT