ADVERTISEMENT

Selasa, 20 Sep 2022 09:00 WIB

DOKTER MENJAWAB

Nyeri Kepala hingga Kedinginan di Pagi Hari, Tanda Sakit Apa Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi sakit kepala Ilustrasi sakit kepala. Foto: thinkstock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, beberapa hari ini kadang mengalami nyeri ringan di kepala belakang, kadang disertai rasa mual. Saat bangun tidur badan terasa seperti kedinginan.

Kadang malam terbangun dan sulit untuk tidur lagi. Mohon penjelasan serta sarannya Dok, terima kasih.

Agus Santoso (pria, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Keluhan yang disebutkan dapat disebabkan oleh berbagai hal. Namun, sulit untuk mengetahui penyebabnya dan pengobatannya tanpa mempelajari lebih banyak informasi dan melakukan pemeriksaan.

Misalnya sejak kapan keluhan ini terjadi dan waktu-waktu kambuhnya. Selain itu, nyeri ringan yang dirasakan seperti apa. Jika seperti ditusuk-tusuk atau terbakar, bisa saja ada iritasi atau infeksi di kulit kepala.

Saat pemeriksaan, kemungkinan juga akan ditanya apakah ada riwayat jatuh sebelumnya. Selain itu, badan yang terasa kedinginan itu apakah pernah diukur, dan kapan saja terjadinya.

Untuk keluhan terbangun di malam hari, seberapa sering intensitasnya dan apakah ada jam-jam khususnya. Jika keluhan ini muncul bersamaan dengan rasa ingin buang air kecil, ini bisa terjadi karena berbagai hal seperti gejala kencing manis atau pembesaran prostat.

Saran saya adalah untuk memperhatikan pertanyaan-pertanyaan yang masih belum terjawab. Bila kondisi semakin berat, sebaiknya datang ke dokter terdekat.

dr Eddy Wiria, PhD

Co-Founder dan CEO Kavacare.id

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Mujarab! Ramuan Rempah Ini Bisa Atasi Migrain"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT