ADVERTISEMENT

Kamis, 22 Sep 2022 09:00 WIB

DOKTER MENJAWAB

Minum Kopi Susu Tiap Hari Bantu Turunkan Berat Badan Dok?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Prepairing iced latte on wooden table Ilustrasi kopi susu. Foto: iStock
Jakarta -

Pertanyaan:

Dok, benarkah kalau minum kopi susu setiap hari bisa menurunkan berat badan?

FN (wanita, usia tidak disebutkan)

Jawaban:

Kopi itu mengandung antioksidan atau mengandung asam klorogenat. Di mana itu bisa menunda proses pemecahan dari glukosa atau gula dan menunda terbentuknya sel-sel lemak dalam tubuh kita.

Namun, jika dikombinasi dengan susu, kita sarankan susu low fat. Jika nanti kopi dicampur dengan susu pasti enak rasanya tapi , jenis susu apa dulu ini.

Ada beberapa susu yang kandungannya banyak mengandung lemak dan glukosa nanti akan bersebrangan fungsinya dengan kopi. Maka kami sarankan boleh dikombinasi dengan susu low fat atau non fat.

Selain itu, jika ingin diet dengan konsumsi kopi kami sarankan harus tetap diimbangi dengan pola makan yg baik, rendah karbohidrat, rendah lemak, tinggi protein dan tinggi serat. Dan tetap disarankan olahraga, untuk mencapai hasil yang maksimal.

Serta jika penderita dyspepsia dan GERD , kami sarankan untuk gejala tersebut diatasi terlebih dahulu, dan tidak disarankan untuk konsumsi kopi terlebih dahulu.

dr Kiki Maharani, SpPD

Dokter Spesialis Penyakit Dalam

Primaya Hospital Pasar Kemis

Tentang Konsultasi Kesehatan

Pembaca detikcom yang memiliki pertanyaan terkait berbagai masalah kesehatan dapat mengirimkan pertanyaan ke email redaksi@detikhealth.com dan akan dijawab oleh pakar yang kompeten. Kirimkan pertanyaan dengan subjek email "konsultasi pembaca" disertai keterangan nama, usia, dan jenis kelamin.

Identitas penanya bisa ditulis terang atau disamarkan, disesuaikan dengan keinginan pembaca. Seluruh identitas penanya kami jamin akan dirahasiakan.



Simak Video "Uniknya Klinik Gigi dengan Tema Bioskop di Bintaro"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT