Gaduh Es Teh Kekinian, Waspadai Efek Gula Berlebih Bisa Celakai Miss V

ADVERTISEMENT

Gaduh Es Teh Kekinian, Waspadai Efek Gula Berlebih Bisa Celakai Miss V

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 25 Sep 2022 19:00 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Foto: iStock
Jakarta -

Viral es teh kekinian melayangkan somasi kepada konsumen yang protes soal kandungan gula di dalam produknya. Tidak sedikit netizen yang akhirnya mempertanyakan keamanan konsumsi gula satu minuman es teh kekinian.

Makanan dengan kadar gula tinggi memang memiliki risiko pada kesehatan tubuh. Tak hanya risiko diabetes yang mengintai, rupanya makanan dan minuman manis menyediakan tempat bagi bakteri penyebab penyakit termasuk di vagina.

Ketika kandungan bakteri terus meningkat, itu dapat menyebabkan ketidakseimbangan pada vagina. Bakteri jahat tersebut tumbuh dalam tubuh melebihi laktobasilus yang dominan secara alami. Hal ini menyebabkan bakteri vaginosis dan infeksi jamur pada vagina muncul.

Infeksi Jamur Vagina

Kelebihan gula pada makanan manis berakhir di dalam darah. Ketika darah mengalir ke seluruh tubuh, terutama vagina, ragi jahat memakannya. Ragi ini tumbuh dalam jumlah banyak sehingga menyebabkan infeksi jamur pada vagina.

Infeksi jamur ini disebut juga sebagai kandiasis. Infeksi ini menyebabkan iritasi, gatal, dan keluarnya cairan.

Dikutip dari Healthline, menurut Kantor Kesehatan Wanita, 3 dari 4 wanita akan memiliki setidaknya memiliki satu infeksi jamur vagina. Selain itu, kondisi seperti diabetes akan meningkatkan risiko infeksi jamur.

Sebuah studi pada tahun 2018 yang mencakup data lebih dari 300 ribu orang menemukan bahwa pengidap diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2 memiliki risiko lebih tinggi terhadap infeksi jamur vagina.

Bakteri Vagina

Para peneliti telah menemukan bahwa karbohidrat, gula, dan lemak yang tinggi dikaitkan dnegan peningkatan risiko BV atau bakterial vaginosis, yakni kondisi yang terjadi ketika ada terlalu banyak bakteri tertentu di vagina.

Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh. Saat pertahanan tubuh secara alami menurun, risiko BV akan meningkat secara signifikan.



Simak Video "Waspada! Ini Dampak Konsumsi Makanan dan Minuman Kelebihan Gula"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT