Riwayat Sakit Lukas Enembe, Tersangka Korupsi yang Mangkir Panggilan KPK

ADVERTISEMENT

Riwayat Sakit Lukas Enembe, Tersangka Korupsi yang Mangkir Panggilan KPK

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
Senin, 26 Sep 2022 17:30 WIB
Profil Lukas Enembe, Kini Dicegah ke LN Usai Jadi Tersangka
Lukas Enembe. Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta semua pihak menghormati proses hukum. Komentar ini dilayangkan Jokowi terkait dugaan korupsi yang menjerat Gubernur Papua Lukas Enembe. KPK sudah melayangkan surat panggilan kedua sejak minggu lalu, namun Lukas Enembe selalu mangkir dengan alasan kesehatan.

"Saya sudah sampaikan juga agar semuanya menghormati panggilan dari KPK, menghormati proses hukum yang ada di KPK. Semuanya," ujar Jokowi kepada wartawan di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Senin (26/9/2022).

Sebagai informasi, KPK menjadwalkan pemeriksaan Gubernur Papua Lukas Enembe sebagai tersangka hari ini. Lagi-lagi, pihak Lukas Enembe beralasan sakit sehingga tidak bisa memenuhi panggilan KPK.

"Kita menghormati Bapak Presiden mengatakan seperti itu, tapi Bapak Presiden tahu bahwa Bapak Lukas sakit. Kita menunggu sampai beliau sembuh karena salah satu syarat orang dimintai keterangan (adalah) harus sehat. Kalau sakit, bagaimana mau datang," ucap Stefanus Roy Rening selaku salah satu kuasa hukum Lukas Enembe dalam jumpa pers di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (26/9).

Roy Rening juga membeberkan riwayat penyakit Lukas Enembe. Salah satunya, ia menyebut Lukas Enembe memiliki riwayat empat kali stroke.

"Karena Pak Lukas itu ada gejala ginjal, ada sakit jantung bocor, jantung dia dari kecil, dan dia diabetes, tekanan darah tinggi, sehingga dokter selalu mengatakan dia tidak boleh underpressure. Dia punya riwayat empat kali stroke. Kan tujuan kita kan dia diperiksa, untuk diperiksa harus sehat," bebernya.

Sebelumnya, salah satu kuasa hukum Lukas Enembe, Aloysius Renwari, mengungkapkan kondisi terkini kliennya. Aloysius mengatakan kondisi kaki Lukas Enembe bengkak serta tensi darahnya tinggi.

"Beliau dirawat di rumahnya dalam keadaan sakit, kakinya bengkak tidak bisa jalan, tensinya tinggi. Ini kan stroke kedua Lukas Enembe," katanya saat dihubungi, Rabu (21/9).

NEXT: Penyebab Kaki Bengkak saat Stroke

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT