Heboh Es Teh Indonesia Somasi Pelanggan, Menkes Ingatkan Aturan soal Gula

ADVERTISEMENT

Heboh Es Teh Indonesia Somasi Pelanggan, Menkes Ingatkan Aturan soal Gula

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Selasa, 27 Sep 2022 09:31 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: Sarah Oktaviani Alam/detikHealth
Jakarta -

Viral es Teh Indonesia somasi pelanggan yang menyebut produk mereka terlalu manis. Mendadak publik dibuat khawatir terkait asupan gula yang ada dalam satu minuman berpemanis.

Menteri Kesehatan RI Budi Gunadi Sadikin menegaskan aturan pencantuman label gizi termasuk kadar gula sudah diatur melalui Permenkes 30 tahun 2013. Disebutkan, produk siap saji seperti minuman berpemanis atau makanan wajib mencantumkan kadar gula hingga lemak.

"Kementerian Kesehatan punya Permenkes 30/2013 tentang kadar gula garam, pencantuman kadar gula pada minuman. Kita juga Permenkes 63 tentang pencamtuman informasi itu bisa kita lakukan sampai 2019," terang Menkes kepada wartawan di Kompleks Gedung DPR RI, Senin (26/9).

"Tentunya aturan-aturan ini sudah ada, tinggal ini bukan hanya Kementerian Kesehatan tp jg sektor lain ya terkait hal ini. Jadi memang bahwa gula garam lemak itu harus diatur. Tinggal edukasi kepada masyarakatnya juga," sambung dia.

Adapun bunyi dari Permenkes 30 tahun 2013 yang mengatur terkait pencantuman label gizi adalah seperti berikut:

(1) Setiap orang yang memproduksi pangan siap saji yang mengandung gula, garam, dan atau lemak wajib memberikan kandungan gula, garam, dan lemak, serta pesan kesehatan melalui media informasi dan promosi.

(2) Pangan siap saji sebagaimana dimaksud pada usaha waralaba sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan yang memiliki lebih dari 250 (dua ratus lima puluh) outlet/gerai.

(3) Media informasi dan promosi sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dapat berupa leaflet, brosur, buku menu, atau media lainnya.

Dalam Permenkes tersebut, juga diatur batasan konsumsi gula per hari adalah 10 persen dari total energi 200 kkal. Setara dengan empat sendok gula makan atau 50 gram per orang dalam sehari.



Simak Video "Tips Sehat Konsumsi Gula, Garam dan Lemak per Hari"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT