Mengenal Endometriosis, Diidap Wanita Kalbar hingga Rahimnya Diangkat

ADVERTISEMENT

Mengenal Endometriosis, Diidap Wanita Kalbar hingga Rahimnya Diangkat

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 28 Sep 2022 15:02 WIB
Viral TIkTok pasien mengidap endometriosis berujung angkat rahim,
Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral seorang wanita 30 tahun menceritakan kisahnya yang membuat dirinya terpaksa menjalani operasi pengangkatan rahim. Wanita bernama Yuta Dama ini diketahui mengidap endometriosis adenomyoma.

"Keputusan terakhir menjadi pilihan tersulit, namun insha Allah ini terbaik. Aku menyerah dengan endometriosis adenomyoma. Karena (aku juga) anemia, jadi wajib transfusi (saat operasi), empat kantong darah," cerita dia dalam akun TikTok pribadinya @yutanama, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan.

Wanita di Kalimantan Barat ini tidak mengetahui kapan endometriosis itu muncul di tubuhnya. Namun, sebelum menikah dirinya kerap mengalami gejala hebat saat menstruasi, seperti 'kram perut'.

Ia juga sempat tidak menerima 'vonis' penyakitnya itu. Yuta terus mencari jalan pintas lain untuk mengatasi penyakitnya, termasuk suntik endrolin selama enam bulan dengan harapan endometriosis yang diidapnya berhenti tumbuh.

"Aku dianjurkan untuk angkat rahim karena menurut dokter kualitas hidup lebih utama. Ia juga mengatakan apabila hanya endometriosisnya dioperasi, itu tidak akan bertahan lama dan akan kembali lagi," cerita Yuta saat dihubungi detikcom, Rabu (28/9/2022).

"Sampai akhirnya aku ambil keputusan pengangkatan rahim ini karena memang kondisinya sudah tidak bisa dipertahankan," lanjutnya.

Dikutip dari WebMD, endometriosis adalah suatu kondisi saat sel-sel yang mirip dengan lapisan rahim atau endometrium tumbuh di luar rahim. Kondisi ini sering melibatkan jaringan panggul dan bisa menyelimuti ovarium serta saluran tuba. Ini juga bisa mempengaruhi organ terdekat, termasuk usus dan kandung kemih.

Gejala Endometriosis

Endometriosis seringkali tidak memiliki gejala yang terlihat. Namun, ada beberapa hal yang terjadi saat seseorang mengalami endometriosis, yakni:

  • Sakit pinggang saat haid
  • Kram menstruasi yang parah
  • Sakit saat buang air besar atau mengintip, terutama selama periode
  • Perdarahan yang tidak biasa atau berat selama periode
  • Darah dalam tinja atau urine
  • Diare atau sembelit
  • Seks yang menyakitkan
  • Rasa lelah yang tak kunjung hilang
  • Susah hamil


Simak Video "Menakuti Bocah Pakai Suara 'Cekikikan' Hantu Bisa Timbulkan Trauma"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT