Heboh Lesti Kejora Polisikan Rizky Billar, Ini Dampak KDRT Menurut Psikolog

ADVERTISEMENT

Heboh Lesti Kejora Polisikan Rizky Billar, Ini Dampak KDRT Menurut Psikolog

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
Kamis, 29 Sep 2022 19:00 WIB
Lesti Kejora
Foto: Instagram @lestykejora
Jakarta -

Pedangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya Rizky Billar atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga atau KDRT. Hal tersebut dibenarkan oleh Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi. Ia mengungkapkan Lesti melaporkan kejadian itu pada Rabu (28/9/2022).

"Iya betul semalam, saudara LK sudah melaporkan kasus yang dialaminya," kata AKP Nurma Dewi saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, Kamis (29/9).

"Laporan saudari LK adalah KDRT yang dialaminya menurut beliau pelakunya adalah suaminya," lanjutnya.

Dampak KDRT

Di luar kasus tersebut, psikolog dari Klinik Daksa, Intan Erlita MPsi beberapa waktu sempat mengungkapkan dampak KDRT pada korbannya. Menurutnya, korban bisa berakibat pada masalah kejiwaan sampai kematian.

"Gangguan psikis kalau dilihat secara fisik, misal penyakit fisik, kecacatan bahkan sampai kematian. Kalau dilihat secara kejiwaan, bisa menimbulkan trauma, depresi, gangguan panik, psikosomatis atau susah tidur (insomnia)," tuturnya.

Menurut Intan, rasa trauma, ketakutan, dan minder akan muncul pada korban yang kerap mendapatkan perlakuan KDRT. Karenanya, korban dan keluarga yang mengalami KDRT harus senantiasa diberi pendampingan.

"Harus dilihat dari dampak yang timbul dari istri seberapa besar dari KDRT itu, yang pasti harus mendapatkan support atau dukungan dari keluarga terdekat dan lingkungan. Tapi ada beberapa kasus yang cukup berat sampai meninggalkan trauma dibutuhkan bantuan dari ahlinya seperti psikolog, psikiater, pemuka agama, dan sebagainya. Kalau pelaku KDRT orang terdekat (suami misalnya) dan tingkat/level KDRT-nya meningkat disarankan harus melapor ke polisi untuk mendapatkan perlindungan, jangan sampai nyawa jadi taruhannya," tambah Intan.



Simak Video "Tanda-tanda yang Perlu Diwaspadai Bila Seseorang Alami Cedera Kepala"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT