Lesti Kejora Diduga Jadi Korban KDRT, Bisakah Pelaku Berubah? Ini Kata Psikolog

ADVERTISEMENT

Lesti Kejora Diduga Jadi Korban KDRT, Bisakah Pelaku Berubah? Ini Kata Psikolog

Vidya Pinandhita - detikHealth
Kamis, 29 Sep 2022 16:30 WIB
Kulineran Mewah Rizky Billar dan Lesti Kejora di Berbagai Negara
Lesti Kejora dan Rizky Billar. Foto: Instagram
Jakarta -

Heboh kabar pedangdut dan selebritis Lesti Kejora melaporkan suaminya, Rizky Billar, ke pihak kepolisian gegara tindakan Kekerasan Dalam Rumah Tangga (KDRT). Adanya laporan tersebut telah dikonfirmasi oleh AKP Nurma Dewi selaku Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan.

"Iya betul semalam, saudara LK sudah melaporkan kasus yang dialaminya," kata AKP Nurma Dewi saat ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, dikutip dari detikNews, Kamis (29/9/2022).

"Laporan saudari LK adalah KDRT yang dialaminya, menurut beliau pelakunya adalah suaminya," sambungnya.

Pelaku KDRT Seharusnya Ditindaklanjuti dengan Bagaimana?

Dalam kesempatan sebelumnya, psikolog dari Pro Help Center, Nuzulia Rahma Tristinarum, menegaskan aksi KDRT sama sekali tidak bisa ditolerir dan diwajarkan. Walhasil, seorang pelaku KDRT tidak bisa ditindaklanjuti cukup dengan didiamkan, dengan harapan suatu hari sikapnya akan berubah.

"Perilaku tersebut tidak akan berubah hanya dengan cara tidak melawan dan mendiamkannya. Perilaku ini akan terus berulang," terang Rahma pada detikcom beberapa waktu lalu.

"Justru pelaku KDRT perlu diberi tahu bahwa tindakannya salah, tidak bisa ditolerir. Walaupun tidak bisa diubah dengan cara mendiamkan, namun perilaku KDRT bisa diubah jika pelaku memang berniat mengubah perilakunya lalu melakukan konseling dan psikoterapi pada profesional," sambung Rahma.

Rahma menerangkan, tanda-tanda KDRT bisa dideteksi sebelum pernikahan. Ia juga menggarisbawahi, tindak kekerasan tidak melulu berupa kekerasan fisik.

"KDRT itu banyak bentuknya, tidak hanya secara fisik. Biasanya muncul dalam bentuk perilaku, di antaranya mengintimidasi, dominasi yang berlebihan, mengancam, memaksa, posesif, melarang tanpa alasan yang jelas," pungkasnya.



Simak Video "Penjelasan Pakar Ekspresi soal Wajah Tegang Ayah Lesti Kejora"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT