Apa Itu Visum? Dijalani Lesti Kejora untuk Buktikan KDRT

ADVERTISEMENT

Apa Itu Visum? Dijalani Lesti Kejora untuk Buktikan KDRT

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Jumat, 30 Sep 2022 08:52 WIB
lesti kejora
Lesti Kejora. (Foto: noel)
Jakarta -

Pedangdut Lesti Kejora telah melakukan visum dan menyerahkan hasilnya sebagai barang bukti dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) yang dilakukan suaminya, Rizky Billar, ke Polres Metro Jakarta Selatan.

"Buktinya visum. Kan kita selalu visum kalau (kasus) KDRT. Kemudian dia sudah diperiksa semalam," kata Kasi Humas Polres Metro Jakarta Selatan AKP Nurma Dewi saat dihubungi detikNews, Kamis (29/9/2022).

Disebutkan Lesti mengalami sejumlah luka setelah dianiaya oleh Rizky Billar.

Apa itu visum?

Dokter forensik dr Ade Firmansyah menjelaskan pemeriksaan visum adalah laporan medis tertulis yang diberikan ahli sebagai alat bukti yang sah dan dibuat atas permintaan kepolisian untuk membuktikan kasus tertentu.

"Pertama pasti ada penyidik yang berwenang yang mengeluarkan permintaan visum. Di dalamnya dituliskan dengan jelas untuk pemeriksaan apa," kata dr Ade saat diwawancarai detikcom, Jumat (30/9/2022).

Dalam laporan yang ditandatangani oleh dokter yang berwenang, terdapat rincian kondisi kesehatan fisik dan psikis korban yang diperiksa. Laporan visum ini akan digunakan sebagai alat bukti di pengadilan.

Terkait kasus KDRT, dokter yang memeriksa korban akan menganalisa terlebih dahulu jenis kekerasan yang terjadi. dr Ade menerangkan ada empat jenis kekerasan dalam KDRT yakni fisik, psikis, seksual dan penelantaran.

"Kalau kekerasan fisik, kita periksa luka-luka fisik dan gangguan secara umum. Jika kekerasannya terkait psikis, kita juga konsultasikan ke psikiater dan memeriksa apakah ada gangguan yang disebabkan kekerasan tersebut," jelas dr Ade.

Setelah seluruh rangkaian tes selesai, dokter akan membuat laporan medis berdasarkan hasil yang ditemukan.

"Tujuannya untuk membuktikan tindak pidana," pungkas dr Ade.



Simak Video "Tanda-tanda yang Perlu Diwaspadai Bila Seseorang Alami Cedera Kepala"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT