Heboh Kabar Rizky Billar Selingkuh, Bisakah Pelaku Perselingkuhan 'Disembuhkan'?

ADVERTISEMENT

Heboh Kabar Rizky Billar Selingkuh, Bisakah Pelaku Perselingkuhan 'Disembuhkan'?

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 01 Okt 2022 12:00 WIB
Lesti Kejora & Rizky Billar
Lesti Kejora dan Rizky Billar. Foto: Instagram @rizkybillar @lestykejora, YouTube
Jakarta -

Pedangdut Lesti Kejora melaporkan suaminya yakni Rizky Billar ke polisi atas dugaan tindak kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). Menyusul itu, kini muncul kabar kasus KDRT tersebut berawal dari perselingkuhan yang dilakukan oleh Rizky Billar.

Terlepas dari nama-nama yang terseret dalam kabar tersebut, psikolog dari Ohana Space, Annisa Mega Radyani, M. Psi. menegaskan selingkuh bukanlah penyakit sehingga tidak tepat jika dikatakan 'dapat disembuhkan'. Namun, selingkuh merupakan penyimpangan perilaku.

"Kalau selingkuh itu penyakit, berarti ada obatnya dong, bisa minum obat tapi nggak ada obat untuk selingkuh secara minum itu nggak ada. Berarti itukan sebenarnya bukan sebuah penyakit tapi penyimpangan perilaku," ucapnya pada detikcom dalam program e-Life, Jumat (30/9/2022).

Annisa juga menjelaskan seseorang yang pernah berselingkuh bisa merubah dirinya jika dalam dirinya memang ada niat untuk berubah. Menurutnya, setiap orang punya kesempatan untuk berubah namun beberapa orang yang berselingkuh tidak mengaku tindakannya itu.

"Apakah perilaku selingkuh bisa berubah dari yang sebelumnya selingkuh menjadi nggak? Bisa kok. Kita ini sebagai manusia selalu bisa belajar, nggak ada batasnya. Yang membatasi kita sendiri. Kita selalu bisa belajar, kita selalu bisa berubah, selama kitanya juga mau. Selama kitanya juga sadar," pungkasnya.



Simak Video "Penjelasan Pakar Ekspresi soal Wajah Tegang Ayah Lesti Kejora"
[Gambas:Video 20detik]
(Alethea Pricila/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT