Justin Bieber Tunda Konser di Jakarta, Berapa Lama Pemulihan Sindrom Ramsay Hunt?

ADVERTISEMENT

Justin Bieber Tunda Konser di Jakarta, Berapa Lama Pemulihan Sindrom Ramsay Hunt?

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Selasa, 04 Okt 2022 07:28 WIB
Jakarta -

Konser Justin Bieber di Jakarta ditunda. Penundaan ini dikarenakan kondisi kesehatan Bieber belum sepenuhnya pulih.

"@justinbieber Justice World Tour di Jakarta pada 2 & 3 November ditunda karena kondisi kesehatannya," tulis akun Jakarta Konser.

Pada Juni lalu, Bieber mengumumkan dirinya mengidap sindrom langka Ramsay Hunt yang membuat separuh wajahnya lumpuh. Kondisi ini juga membuat pelantun Peaches itu menunda jadwal konser di sembilan kota lainnya.

Laman National Organization for Rare Disease menjelaskan Ramsay Hunt Syndrome adalah gangguan neurologis langka yang ditandai dengan kelumpuhan saraf wajah serta ruam yang terjadi pada area telinga atau mulut. Tak hanya itu, gangguan pendengaran dan telinga berdenging atau tinnitus kerap menjadi gejala pada pengidap sindrom ramsay hunt.

Proses pemulihan penyakit ini akan berbeda pada setiap pasien meski ada beberapa faktor yang meningkatkan peluang sembuh lebih cepat.

Jika tidak ada banyak kerusakan pada saraf, pasien akan sembuh total dalam beberapa minggu. Jika kerusakan lebih parah, biasanya pemulihan tidak akan maksimal, bahkan setelah beberapa bulan.

Beberapa pasien mungkin mengalami nyeri lama setelah gejala lain hilang, dalam kondisi yang dikenal sebagai neuralgia postherpetik.

Justin Bieber dalam postingan di media sosialnya sempat menyebut tidak yakin berapa lama akan sembuh. Namun ia positif terapi dan pengobatan yang dilakukannya akan membuatnya sehat kembali.

"Saya akan menggunakan waktu ini untuk beristirahat dan bersantai dan kembali ke seratus persen," katanya.

(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT