Usai Klimaks Bercinta, Berapa Lama Bisa 'On' Lagi untuk Ronde Kedua?

ADVERTISEMENT

Usai Klimaks Bercinta, Berapa Lama Bisa 'On' Lagi untuk Ronde Kedua?

Alethea Pricila - detikHealth
Selasa, 04 Okt 2022 19:37 WIB
Shot of an affectionate young couple spending some quality time together in their bedroom at home
Ilustrasi seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Beberapa pasangan terbiasa bercinta lebih dari satu ronde dalam semalam. Misalnya karena terpisah jarak dan jarang bertemu, momen pertemuan satu malam dimanfaatkan untuk beberapa ronde hubungan intim. Memang, kebiasaan ini bisa mempererat hubungan hingga memperdalam kehidupan seksual.

Setelah mencapai klimaks, butuh beberapa saat untuk tubuh kembali normal. Otot akan kembali relaks dan tekanan darah menjadi normal. Lantas butuh berapa lama bagi seorang pria dan wanita harus menunggu untuk melakukan ke 'ronde' selanjutnya?

Pria

Penis akan kehilangan hasrat seksualnya ketika sudah terpuaskan atau mencapai klimaks. Saat itu disebut periode refrakter, pria tidak mampu menjadi 'keras' lagi dan tidak menanggapi rangsangan seksual.

Dikutip dari Pulse, International Society for Sexual Medicine menunjukkan periode refrakter dipicu karena lonjakan prolaktin, hormon yang dikeluarkan oleh kelenjar pituitari bersama dengan penurunan testosteron. Hormon ini menyebabkan keadaan tidak dapat ereksi.

Berapa lama periode refraktori berlangsung tergantung pada berbagai faktor, salah satunya adalah usia. Pria muda berusia 20-an mungkin hanya membutuhkan beberapa menit sebelum mereka dapat ereksi lagi, sementara pria berusia 30-an dan 40-an membutuhkan 30 hingga 60 menit atau lebih.

NEXT: Bagaimana dengan wanita?



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT