3 Hal yang Dialami Tubuh Jika Lama Tak Bercinta

ADVERTISEMENT

3 Hal yang Dialami Tubuh Jika Lama Tak Bercinta

Nurul Febian Danari - detikHealth
Senin, 03 Okt 2022 05:00 WIB
Couple is lying on the bed and making heart with their hands
Ilustrasi seks (Foto: Getty Images/praetorianphoto)
Jakarta -

Berhentinya rutinitas bercinta tidak memiliki pengaruh yang serius pada tubuh. Meskipun begitu, berhenti bercinta dalam waktu lama memiliki efek samping pada tubuh.

Aktivitas bercinta dapat melepaskan hormon bahagia seperti oksitosin dan endorfin. Hormon bahagia ini akan membantu menurunkan tekanan darah dan menurunkan risiko stres.

Namun, berhenti bercinta dalam waktu lama dapat menimbulkan frustasi seksual dan emosi terpendam akibat perubahan hormon yang terjadi saat bercinta dan orgasme tidak terjadi. Ini lebih banyak terjadi pada pria.

Penelitian mengungkapkan bahwa hubungan seksual lebih efektif menghilangkan stres daripad amasturbasi. Ini menyebabkan orang yang tidak berhubungan seksual lebih stres daripada biasanya.

Selain frustasi seksual dan perubahan suasana hati, berikut beberapa efek yang terjadi pada tubuh jika tidak berhubungan seksual dalam waktu lama, dikutip dari Women's Health:

1. Gairah dan Orgasme

Wanita yang kurang terstimulus dapat mengalami kehilangan pelumasan. Hal ini menyebabkan masalah untuk terangsang dan orgasme.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT