5 Ramuan Rahasia untuk Bersihkan Lambung, Atasi Begah hingga Kembung

ADVERTISEMENT

5 Ramuan Rahasia untuk Bersihkan Lambung, Atasi Begah hingga Kembung

Fadilla Namira - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 06:50 WIB
Ilustrasi Sakit Maag
Ramuan pembersih lambung (Foto: shutterstock)
Jakarta -

Kabar yang viral terkait gangguan lambung adalah penyakit mag bisa menyebabkan kematian. Nyatanya, hal tersebut merupakan mitos belaka dan dibantah langsung oleh dokter spesialis penyakit dalam. Namun, tidak menampik kemungkinan kondisi tersebut memberikan rasa tidak nyaman dalam jangka panjang.

Gangguan pada lambung, seperti mag atau GERD, umumnya disebabkan oleh gaya hidup yang buruk dan pola makan tidak teratur. Bila hal ini diabaikan dan terus berlanjut akan memicu iritasi dan peradangan sehingga timbul masalah baru.

Oleh karenanya, penting untuk menjaga kesehatan lambung dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang baik untuk pencernaan. Tetap saja dibarengi dengan olahraga teratur serta hindari penggunaan zat adiktif, seperti rokok dan alkohol.

Minuman Pembersih Lambung

Dikutip Eating Well dan Health Shots, ramuan minuman-minuman sehat ini pantas dicoba apalagi jika kamu punya masalah pada lambung. Apa saja minuman yang dimaksud? Berikut rekomendasinya:

1. Jus Plum

Kandungan air dalam buah plum memiliki serat alami yang diperlukan pencernaan untuk membantu makanan tetap bergerak melalui lambung. Selain itu, ia adalah sumber sorbitol atau gula alkohol yang alami untuk meningkatkan kinerja usus dalam menyerap air. Meski begitu, jus plum sama sekali tidak memberikan efek mabuk bagi tubuh.

2. Jus Timun

Mengonsumsi jus timun sangat bermanfaat untuk pengidap GERD karena dapat meredakan refluks asam. Selain sifatnya yang mendinginkan, timun juga dipilih sebagai campuran minuman sehat karena banyak senyawa nutrisi, seperti serat dan air.

Lagipula, ia rendah kalori sehingga aman disantap bagi orang yang sedang menjalani diet penurunan berat badan. Jadi, jangan heran kalau es timun kerap digemari oleh penduduk Indonesia, terutama saat musim panas.

3. Air Kelapa

Air kelapa merupakan sumber hidrasi alami yang kaya akan magnesium, tembaga, zat besi, dan antioksidan yang semuanya bermanfaat dalam meningkatkan kesehatan pencernaan. Sebaiknya, pengonsumsian air kelapa tidak perlu ditambahkan gula karena ia sudah memiliki rasa manis dari kandungan fruktosa.



Simak Video "Dokter Spesialis Sebut Mag Tak Menyebabkan Kematian"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT