Infeksi Kelamin 'Super' Kebal Obat Serang Inggris, Picu Pendarahan Usai Seks

ADVERTISEMENT

Infeksi Kelamin 'Super' Kebal Obat Serang Inggris, Picu Pendarahan Usai Seks

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 06 Okt 2022 12:01 WIB
Male and female symbols drawn using chalk on a chalkboard
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/joxxxxjo
Jakarta -

Kasus infeksi menular seksual (IMS) 'super' tengah menyebar di Inggris. Infeksi yang disebabkan bakteri Mycoplasma genitalium (MGen) menginfeksi saluran kemih dan alat kelamin.

Kondisi ini menyebabkan penderitanya mengalami nyeri saat buang air kecil, keluar nanah, dan anus yang meradang serta mengeluarkan nanah. Hal ini hanya terjadi pada pria.

Diketahui MGen ini sudah muncul di London sejak tahun 1980-an. Namun, saat itu belum ada tes yang akurat untuk mengetes MGen, dan baru dirilis pada tahun 2019.

Meski begitu, tes ini belum tersedia di seluruh fasilitas kesehatan Inggris. Artinya, mungkin banyak kasus MGen yang diobati seolah-olah itu adalah infeksi yang umum, seperti gonore dan klamidia.

Dikutip dari Daily Star, MGen ini resisten atau kebal terhadap antibiotik. Umumnya, antibiotik seperti penisilin digunakan untuk membunuh bakteri penyebab penyakit dengan menghancurkan sel-selnya.

Akibatnya, bakteri MGen ini dapat menyebar tanpa terdeteksi dan membuat pria mengembangkan masalah kesehatan lebih lanjut pada uretranya. Selain itu, bakteri ini juga dapat memicu penyakit radang panggul, yang menjadi penyebab wanita sulit hamil.

Ahli infeksi virus di University of Washington, Profesor Lisa Manhart, mengatakan satu-satunya pengobatan yang dipercaya bisa mengatasi bakteri MGen adalah moksifloksasin. Namun, sayangnya pengobatan itu sudah tidak efektif lagi.

"M. genitalium dengan cepat mengembangkan resistensi terhadap setiap antibiotik yang telah digunakan untuk mengobatinya," kata Profesor Manhart yang dikutip dari Daily Star, Rabu (5/10/2022).

"Kami sudah memiliki infeksi yang tidak dapat diobati," sambungnya.

Gejala IMS Akibat Mycoplasma genitalium

Kebanyakan orang yang terinfeksi bakteri MGen tidak mengalami gejala. Artinya, kemungkinan banyak orang yang terinfeksi dan tidak sadar.

Meski lebih banyak dialami pria, infeksi bakteri ini juga bisa menyerang wanita. Berikut beberapa gejala yang mungkin bisa muncul pada pria dan wanita akibat infeksi bakteri Mycoplasma genitalium:

Tanda atau Gejala pada Pria:

  • Buang air kecil yang menyakitkan
  • Keluarnya cairan dari penis
  • Testis yang menyakitkan
  • Peradangan di rektum menyebabkan nyeri dubur dan keluarnya cairan, proktitis.

Tanda atau Gejala pada Wanita:

  • Keputihan
  • Nyeri di ujung bawah perut Anda
  • Pendarahan vagina non-menstruasi
  • Pendarahan setelah berhubungan seks
  • Pelvic Inflammatory Disease (PID), yang dapat menyebabkan kemandulan dan keguguran


Simak Video "Gejala Cacar Monyet Dilaporkan Mirip Infeksi Menular Seksual"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT