Kenapa Obgyn Harus 'Kepo' soal Aktivitas Seks Pasien? Ternyata Ini Alasannya

ADVERTISEMENT

Kenapa Obgyn Harus 'Kepo' soal Aktivitas Seks Pasien? Ternyata Ini Alasannya

Vidya Pinandhita - detikHealth
Jumat, 07 Okt 2022 10:01 WIB
Shot of a doctor showing a patient some information on a digital tablet
Foto: Getty Images/iStockphoto/BongkarnThanyakij
Jakarta -

Warga Twitter kini heboh memperdebatkan perlu atau tidak dokter menanyakan status pernikahan pasien. Banyak yang merasa tidak nyaman dengan pertanyaan tersebut, namun tak sedikit yang memaklumi pertanyaan tersebut merupakan bagian dari prosedur diagnosis.

Spesialis kebidanan dan kandungan dr Dinda Derdameisya, SpOG menjelaskan pertanyaan tersebut sebenarnya bertujuan melihat apakah pasien aktif secara seksual atau tidak. Sebab untuk pemeriksaan dan diagnosis, dokter perlu mengetahui kondisi seksual pasien.

Problemnya, status aktivitas seksual pasien kerap kali tidak terwakili oleh status pernikahan. Gampangnya, ada juga yang sudah aktif secara seksual meski tidak atau belum menikah, dan tentunya penanganannya akan berbeda dengan yang belum aktif secara seksual.

Untuk itu, alih-alih menanyakan status pernikahan pasien, dr Dinda memilih langsung menanyakan keaktifan seksual pasien. Dengan begitu, ia bisa mengetahui apakah pasien aktif secara seksual atau tidak, tanpa melihat pasien tersebut sudah menikah atau belum.

"Saya akan lebih menanyakan apakah aktif secara seksual atau tidak. Tapi kembali lagi, semua data pencatatan di rumah sakit, ya menikah atau tidak menikah. Tapi saya pribadi, bukan nanya nona atau nyonya lagi. Saya akan menanyakan 'sexually active' atau tidak," ungkapnya pada detikcom, Kamis (6/10/2022).

"Banyak orang tersinggung kalau ditanya status pernikahannya, saya biasa langsung straight forward, tapi tidak membuat pasien merasa tidak nyaman. Saya menanyakan langsung saja karena memang pertanyaan itu sangat penting untuk pemeriksaan saya," imbuh dr Dinda.

NEXT: Terus, kenapa obgyn tetap menanyakan status menikah?



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT