Sayap Ayam Katanya Biang Kerok Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

ADVERTISEMENT

Sayap Ayam Katanya Biang Kerok Kanker Payudara, Mitos atau Fakta?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Jumat, 07 Okt 2022 13:30 WIB
Resep Sayap Ayam Goreng Crispy ala Thailand
Sayap ayam disebut-sebut dapat memicu kanker payudara. (Foto: iStock)
Jakarta -

Kanker payudara kerap dikaitkan dengan kebiasaan atau gaya hidup, termasuk soal asupan makanan. Berbagai makanan disebut-sebut bisa memicu kondisi kanker payudara, salah satunya sayap ayam.

Sering terdengar kabar, sayap ayam menjadi bagian yang paling sering disuntik. Hal inilah yang dikaitkan bisa memicu kanker payudara.

Namun, dokter spesialis bedah onkologi RS Mitra Keluarga Kelapa Gading dr Walta Gautama, SpB(K), Onk, meluruskan, makanan sayap ayam tidak ada hubungannya dengan risuko kanker payudara. Namun memang, penyakit kanker payudara atau kanker lainnya berkaitan dengan makanan yang bisa meningkatkan hormon.

"Yang kaitanya kanker itu dihubungkan dengan hormon, berarti makanan yang bisa meningkatkan hormon," beber dr Walta saat ditemui di Hotel Mulia Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (6/10/2022).

"Sayap ayam? Nggak ada hubungannya. Emang ada apa di sayap ayam?," sambungnya.

dr Walta menjelaskan untuk mencegah terjadinya kanker payudara, kontrol konsumsi sumber lemak yang sebenarnya. Misalnya seperti menghindari konsumsi lemak yang ada pada daging.

"Saya selalu bilang, lemak dalam arti yang sebenarnya. Anda senang makan daging steak, ya makan. Tapi jangan berlebihan, dan kalau bisa unsur lemaknya dikurangi," tuturnya.

Maka dari itu, dr Walta menyebutkan beberapa kebiasaan yang bisa mencegah terjadinya kanker payudara, seperti olahraga dan perbanyak konsumsi sayuran hijau-hijauan.

"Dikatakan olahraga teratur 150 menit per minggu turunkan risiko kanker payudara. Itu tinggal dibagi saja berapa menit dalam sehari," ungkap dr Walta.

"Diet hijau-hijauan juga akan menurunkan (risiko kanker payudara) jadi 30 persen total jika dilakukan bersamaan dengan olahraga. Tapi diet hijau-hijauan tanpa olahraga juga 0 persen," tegasnya.



Simak Video "Benarkah Makanan Tertentu Bisa Picu Kanker Payudara?"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT