Viral Rekaman KDRT Rizky Billar ke Lesti Kejora, Kok Tak Ada yang Menolong?

ADVERTISEMENT

Viral Rekaman KDRT Rizky Billar ke Lesti Kejora, Kok Tak Ada yang Menolong?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 12 Okt 2022 13:30 WIB
Screenshoot Video Rizky Billar Lempar Bola Biliar ke Lesti Kejora
Foto: Screenshoot Video Rizky Billar Lempar Bola Biliar ke Lesti Kejora (dok istimewa)
Jakarta -

Beredar video rekaman CCTV yang memperlihatkan Rizky Billar yang melempar bola biliar kepada Lesti Kejora. Kejadian tersebut terjadi pada Kamis (29/10/2021), sekitar pukul 00.07 WIB.

Dalam video tersebut, terlihat Billar melempar bola ke arah Lesti di depan banyak orang. Namun, tidak ada yang membantu atau melerai saat melihat hal yang termasuk dalam KDRT itu. Kenapa begitu?

Menurut psikolog klinis dari Ohana Space Arrundina Puspita Dewi, MPsi, dalam psikologi itu termasuk dalam bystander effect. Hal tersebut terkait fenomena saat seseorang yang membutuhkan pertolongan, tetapi orang di sekitarnya tidak ada yang membantu.

Ini terjadi karena merasa bukan tanggung jawabnya untuk bertindak atau membantu orang yang membutuhkan pertolongan.

"Ini term psikologinya namanya bystander effect. Karena ada orang lain di situ, nggak cuma dia sendiri. Akhirnya jadi merasa bukan tanggungjawab dia sendiri untuk membantu si korban," jelas Arrundina pada detikcom, Rabu (12/10/2022).

"Biasanya ramean nih yang begitu. Jadi merasanya bukan tanggung jawab satu orang saja untuk bertindak. Makanya seringkali diam saja, karena mikirnya ada orang lain juga di sekitar yang akan bantu si korban," lanjutnya.

Namun, Arrundina mengatakan pada akhirnya tidak ada seorang pun yang membantu karena hanya saling lihat-lihatan. Baik satu atau banyak orang yang jadi bystander, biasanya akan tetap diam karena takut ikut campur dalam masalah orang lain.

"Kalaupun sendirian jadi bystander-nya. Biasanya karena takut ikut campur di masalah orang lain," sambungnya.

Lalu, apa yang sebaiknya dilakukan?

Menurut Arrundina, yang sebaiknya dilakukan adala segera membantu si korban. Cobalah memposisikan diri sebagai korban, karena pasti saat itu tidak akan berdaya untuk melawan dan membutuhkan bantuan.

"Ketika lihat korban butuh bantuan, segera bantu. Posisikan diri jadi korban, karena pasti dia merasa tidak berdaya untuk melawan sehingga butuh bantuan," kata Arrundina.

"Kalau memang tidak berani untuk bantu sendiri, ajak orang lain yang ada di sekitar untuk ikut membantu," pungkasnya.



Simak Video "Tanda-tanda yang Perlu Diwaspadai Bila Seseorang Alami Cedera Kepala"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT