Hari Radang Sendi Sedunia: Sejarah hingga Tema Peringatan 2022

ADVERTISEMENT

Hari Radang Sendi Sedunia: Sejarah hingga Tema Peringatan 2022

Fadilla Namira - detikHealth
Rabu, 12 Okt 2022 18:45 WIB
Woman holding wirst.
Hari Radang Sendi Sedunia. (Foto: iStock)
Jakarta -

Hari Radang Sendi Sedunia atau World Arthritis Day (WAD) dirayakan pada 12 Oktober setiap tahun. Peringatan tahunan ini bertujuan meningkatkan kesadaran semua khalayak di seluruh dunia tentang keberadaan dan dampak penyakit rematik dan muskuloskeletal atau Rheumatic and Musculoskeletal Diseases (RMD).

Arthritis adalah suatu kondisi yang melibatkan peradangan dan pembengkakan pada jaringan di sekitar sendi serta jaringan ikat lainnya. Arthritis berasal dari kata Yunani 'arthro,' yang berarti 'sendi,' dan 'itis,' yang berarti 'peradangan.'

Ada banyak jenis penyakit yang dapat dikategorikan sebagai radang sendi, termasuk osteoarthritis, rheumatoid arthritis, childhood arthritis, fibromyalgia, gout, dan lupus. Kebanyakan dari mereka memiliki gejala yang berbeda, tetapi umumnya pengidap radang sendi mengalami kekakuan dan timbul rasa nyeri pada jaringan sendi.

Penyakit ini kerap identik dengan masalah kesehatan orang tua. Tentu hal ini tidak sepenuhnya salah. Bukti statistik menunjukkan bahwa pengidap utama arthritis adalah kelompok lansia di atas 65 tahun. Namun, 30 persen dari semua temuan kasus menunjukan pengidapnya berasal remaja, bahkan bayi.

Untuk rheumatoid arthritis dan osteoarthritis, pemberian perawatan tertentu pun sulit untuk meningkatkan angka kesembuhannya. Hanya saja, penerapan gaya hidup sehat dengan olahraga teratur dan mengurangi berat badan dapat menekan gejala dan efek buruk yang ditimbulkan.

Sejarah Hari Radang Sendi Sedunia

Hari Radang Sendi Sedunia awalnya didirikan oleh Arthritis and Rheumatism International (ARI) pada tahun 1996. Lalu bersama dengan European League Against Rheumatism (EULAR), mereka terus menjalankan inisiatif global ini agar masyarakat lebih peduli dengan kesehatan sendi sekaligus mempromosikan penelitian ilmiah tentang RMD.

Tema Hari Radang Sendi Sedunia

Hari Radang Sendi Sedunia 2022 mengangkat tema "It's in your hands, take action". Artinya, masyarakat diajak untuk mengambil sikap dalam menyebarkan edukasi dan pemahaman tentang penyakit sendi, terutama arthritis. Ditambah, tema ini diharapkan mendorong semua orang agar mengambil upaya baik dalam meningkatkan kualitas hidup pengidap arthritis.

Selain itu, kampanye yang dilakukan EULAR di tahun ini difokuskan untuk memahami dan sebisa mungkin mengatasi isu-isu yang dimiliki masyarakat terkait pelayanan reumatologi. Isu tersebut berupa tenaga medis yang menyusut, jadwal janji temu yang cukup lama, dan kurangnya pemahaman para pembuat keputusan atau pemerintah tentang penyakit RMD.



Simak Video "Hasil Uji Obat Sirup yang Dikonsumsi Pasien Gagal Ginjal Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT