Viral Wanita Sumsel Ngeluh Nyeri Perut, Ternyata KB Pindah ke Perut

ADVERTISEMENT

Viral Wanita Sumsel Ngeluh Nyeri Perut, Ternyata KB Pindah ke Perut

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
Kamis, 13 Okt 2022 14:30 WIB
Viral IUD pindah ke perut, berujung operasi.
Foto: Tangkapan layar: SS Viral (atas izin yang bersangkutan)
Jakarta -

Viral wanita asal Muara Enim, Sumatera Selatan, menceritakan pengalaman alat kontrasepsi IUD 'nyangkut' di rongga perut. Awalnya, ia hanya mengeluhkan gejala nyeri perut biasa.

Namun, keluhan nyeri perut semakin hari malah tak kunjung membaik. Wanita bernama Sintya ini kemudian berinisiatiif untuk kontrol kontrasepsi atau KB IUD pasca setahun pemasangan.

Benar saja, setelah dilakukan USG, alat KB IUD sudah tidak ditemukan dalam rahim. "Malam harinya demam, menggigil, dan nyeri perut hebat, akhirnya dibawa suami ke RS terdekat," ceritanya dalam akun TikTok pribadi @thewishhotel, dikutip detikcom atas izin yang bersangkutan, Kamis (13/10/2022).

Sintya kemudian disarankan dokter melanjutkan USG bagian pelvis. "Dan ternyata KB IUD sudah masuk rongga perut, sehingga akhirnya dirujuk ke RSUP, karena di RSUD di tempatku tidak punya alat laparscoopy," sambungnya.

Ia akhirnya melakukan beragam pemeriksaan untuk melihat posisi pasti KB IUD. Setelahnya, Sintya harus menjalani operasi. Total enam jam pasca tindakan operasi, ia baru diperbolehkan pulang dan tetap diwajibkan melakukan kontrol seminggu sekali.

Bagaimana Gejala Awalnya?

Banyak netizen menduga pemasangan KB IUD Sintya tidak dilakukan dengan prosedur yang benar sehingga berpindah hingga ke rongga perut. Pada awal pemasangan, ia mengaku tidak mengeluhkan gejala apapun dan siklus haidnya terbilang lancar.

"Saya masangnya bukan di bidan, tapi sama dokter kandungan dan saya masangnya 40 hari pasca nifas. Tidak ada keluhan apapun seperti yang orang-orang rasakan, alhamdulillah aman saja. Namun, sebulan menjelang jadwal kontrol setahun, tiba-tiba sering nyeri perut bagian bawah seperti ingin kontraksi melahirkan padahal bukan sedang hamil," ceritanya.

"Niat hati ingin kontrol rutin jadwal setahun tapi pas dicek alat KB IUD sudah tidak ditemukan di rahim," pungkas dia.



Simak Video "Kata Penjual soal Kuliner 'Nasi Minyak' Bebek Surabaya yang Lagi Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT