Dialami Via Vallen, Ini Penyebab Hingga Gejala Janin Tak Berkembang

ADVERTISEMENT

Dialami Via Vallen, Ini Penyebab Hingga Gejala Janin Tak Berkembang

Alethea Pricila - detikHealth
Kamis, 20 Okt 2022 06:00 WIB
Via Vallen saat tampil di kawasan Daan Mogot.
Via Vallen (Foto: Noel/detikFoto)
Jakarta -

Pedangdut Via Vallen mengungkapkan janin yang dikandungnya tidak berkembang. Segala cara sudah dilakukannya namun beberapa hari lalu, penyanyi itu merasakan nyeri di perut dan muncul flek yang membuatnya memutuskan untuk melakukan pemeriksaan ke dokter.

"Menurut hitungan dokter, seharusnya usia kamu 12 minggu nak, tapi hasil usg menyatakan usia kamu masih 8 minggu (sama dengan hasil usg 1 Oktober kemaren), Kata dokter, kamu udah ga berkembang selama 1 bulan," curhat Via Vallen dalam Instagram yang diunggahnya, Selasa (18/10/2022).

Meski jantung sudah tidak berdetak serta tidak ada darah yang mengalir di dalam tubuh sang janin, Via menuturkan akan tetap mempertahankan kehamilannya dan sudah mendapatkan izin dari dokter.

Bagaimana Kondisi Ini Bisa Terjadi?

Kondisi yang dialami oleh Via Vallen sering dikenal dengan sebutan 'Blighted Ovum'. Dikutip dari WebMD, kondisi ini terjadi ketika sel telur yang dibuahi berimplantasi di dalam rahim tetapi tidak berkembang menjadi embrio dan sering juga disebut sebagai kehamilan anembryonic (tanpa embrio). Hal ini biasanya terjadi pada kehamilan yang baru memasuki trimester pertama.

Kandungan yang tidak berkembang terjadi karena adanya masalah pada kromosom, struktur yang membawa gen. Hal ini bisa terjadi karena kualitas sperma atau telur yang kurang baik atau pembelahan sel yang tidak normal. Bagi wanita kondisi ini biasanya hanya terjadi satu kali.

Gejala yang Dirasakan

Pada awalnya, wanita akan merasakan gejala seperti kehamilan misalnya hasil kehamilan yang positif atau tidak datang bulan. Seiring berjalannya waktu, ketika janin sudah berhenti berkembang, wanita akan merasakan nyeri perut yang tidak normal hingga munculnya bercak atau darah dari vagina. Saat kondisi ini, wanita sudah seharusnya diperiksa ke dokter untuk mengetahui kondisi lebih lanjut.



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT