Dialami Aaron Carter Sebelum Meninggal? Ini 5 Gejala Umum Skizofrenia

ADVERTISEMENT

Dialami Aaron Carter Sebelum Meninggal? Ini 5 Gejala Umum Skizofrenia

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Senin, 07 Nov 2022 12:00 WIB
LAS VEGAS, NEVADA - FEBRUARY 12: Singer and producer Aaron Carter performs at the
Gejala skizofrenia, kondisi yang sempat dialami Aaron Carter sebelum meninggal. (Foto: Getty Images/Gabe Ginsberg)
Jakarta -

Penyanyi Aaron Carter meninggal dunia di usia 34 tahun. Sampai saat ini, penyebab kematian adik dari anggota Backstreet Boys Nick Carter ini masih belum diketahui pasti.

Sebelum meninggal, Aaron memiliki masalah kecanduan narkoba hingga sejumlah gangguan kejiwaan, salah satunya skizofrenia. Selama itu, Aaron diketahui mengkonsumsi beberapa obat selama berjuang melawan masalah kesehatan psikisnya.

Dikutip dari laman Mayo Clinic, umumnya gejala skizofrenia terbagi dalam tiga kategori yaitu gejala positif, gejala negatif, dan gejala kognitif. Gejala dari skizofrenia bisa bervariasi, tetapi biasanya mengalami delusi, halusinasi, hingga berbicara yang tidak teratur.

Gejala Skizofrenia

Berikut beberapa gejala umum yang sering dialami pengidap skizofrenia:

Halusinasi

Gejala halusinasi ini biasanya ditandai dengan sering mendengar, melihat, mencium, atau merasakan hal-hal yang tidak nyata. Namun, di antara gejala tersebut, mendengar suara yang tidak nyata adalah tanda yang paling sering terjadi.

Delusi

Pengidap skizofrenia seringkali memiliki keyakinan kuat akan suatu hal yang salah. Misalnya, seseorang merasa orang lain ingin mencelakakan atau membunuh dirinya. Gejala yang satu ini akan berdampak langsung pada perilaku pengidapnya.

Gejala Negatif

Ini mengacu pada berkurangnya atau kurangnya kemampuan untuk berfungsi secara normal. Misalnya, pengidap skizofrenia mungkin mengabaikan kebersihan pribadi atau tampak kurang emosi (tidak melakukan kontak mata, tidak mengubah ekspresi wajah atau berbicara dengan nada monoton).

Selain itu, orang tersebut mungkin kehilangan minat dalam kegiatan sehari-hari, menarik diri secara sosial atau tidak memiliki kemampuan untuk mengalami kesenangan.

Pikiran Kacau dan Ucapan yang Membingungkan

Orang dengan kondisi ini sering merasa kesulitan untuk mengatur pikirannya. Mereka mungkin tidak memahami apa yang orang lain bicarakan saat diajak berbicara.

Tak hanya itu, saat berbicara mereka sering mengeluarkan ucapan yang tidak masuk akal dan terdengar membingungkan.

Perilaku Motorik yang Tidak Teratur atau Abnormal

Gejala yang satu ini mungkin terlihat dalam beberapa cara, dari kekonyolan seperti anak kecil hingga agitasi yang tidak terduga. Perilaku tidak terfokus pada tujuan, sehingga sulit untuk melakukan tugas.

Perilaku ini bisa mencakup penolakan terhadap instruksi, postur yang tidak pantas atau aneh, kurangnya respons, atau gerakan yang tidak berguna dan berlebihan.



Simak Video "Penyakit Mental yang Dialami Aaron Carter: Skizofrenia-Kecemasan Akut"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT