Tinggal Bersama Diabetesi? Begini Cara Mendukungnya

ADVERTISEMENT

Tinggal Bersama Diabetesi? Begini Cara Mendukungnya

Angga Laraspati - detikHealth
Sabtu, 12 Nov 2022 08:34 WIB
Ilustrasi Diabetesi
Foto: Shutterstock/
Jakarta -

Pengetahuan akan diabetes di Indonesia masih dikatakan sangat minim. Padahal, pengetahuan tersebut akan menjadi bekal dalam penanganan kondisi dan kontrol gula darah penderita diabetes (diabetesi).

Sebuah penelitian di Solo menunjukkan bahwa 68,8% dari responden diabetesi rawat jalan ternyata memiliki tingkat pengetahuan mengenai diabetes yang masih rendah. Data lain di Riau juga menunjukkan 45,5% responden diabetesi yang memiliki tingkat pengetahuan mengenai diabetes yang rendah.

Tak hanya bagi diabetesi, pengetahuan akan penanganan diabetes juga harus diketahui oleh orang-orang yang tinggal bersama para diabetesi. Sebab, orang-orang terdekat itulah yang bisa menjadi salah satu faktor utama diabetesi dalam mengelola diabetes, bahkan yang pertama akan memberikan pertolongan ketika diabetesi membutuhkan.

Diabetesi dan orang di sekitarnya perlu memiliki pengetahuan mengenai cara dan waktu konsumsi obat, cara memeriksa kadar gula darah, serta cara menjaga kesehatan dan kondisi diri yang akan bermanfaat dalam manajemen kondisi diabetesi.

Salah satu hal yang penting dalam kontrol gula darah adalah pembatasan gula sebagai bagian pola makan sehat. Tapi, bukan berarti diabetesi harus menjauhi rasa manis secara total. Diabetesi masih bisa memilih dan menikmati rasa manis yang lebih baik.

Pada dasarnya yang berperan paling utama dalam penanganan diabetes adalah diabetesi itu sendiri. Semua akan bergantung pada masing-masing diabetesi karena merekalah yang paling mengerti dan mengontrol kondisinya setiap hari.

Agar kondisi diabetes dapat terkontrol, diabetesi harus menjalankan pola makan yang sehat, rutin beraktivitas fisik, konsumsi obat sesuai anjuran dokter, serta rutin memeriksa kadar gula darah.

Tak hanya itu, diabetesi juga butuh support system dari keluarga atau orang-orang yang ada di sekitarnya. Tidak hanya kesehatan fisik yang perlu diperhatikan oleh diabetesi, kondisi emosional juga penting dijaga.

Kondisi emosional diabetesi penting dijaga karena selain memiliki masalah kehidupan sehari-hari, mereka juga masih memiliki kebutuhan menjaga kontrol gula darah dan kekhawatiran akan risiko komplikasi diabetes lebih lanjut yang dapat menimbulkan stres dan memengaruhi kesehatan apabila tidak diantisipasi.

Penelitian yang dipublikasikan pada jurnal Diabetes Care menunjukkan program manajemen stres dapat bermanfaat dalam kontrol kadar gula darah. Dalam mengatasi stres, diabetesi tentu membutuhkan dukungan dari orang di sekitar.

Dukungan sosial dapat bermanfaat untuk membantu manajemen stres, meningkatkan tingkat kesadaran diri, serta mendukung perubahan gaya hidup yang kurang sehat.

Selain itu, kondisi keluarga yang hangat, bersifat menerima, dan akrab juga penting. Dukungan sosial dari keluarga dan orang terdekat juga terbukti berkaitan dengan tingkat kepatuhan pola hidup sehat yang lebih baik.

Adapun dukungan sosial yang bisa dilakukan antara lain seperti menunjukkan rasa simpati dan empati, mengajak untuk olahraga bersama, mengajak diabetesi membuat daftar mengenai hal-hal yang perlu dilakukan.

Hindari turut campur secara berlebihan karena dapat menimbulkan konflik dengan diabetesi. Lakukan juga metode relaksasi bersama-sama dan ikut serta dalam mengubah pola makan agar lebih sehat.

Menikmati minuman dan camilan favorit sembari saling berbagi dan menceritakan masalah yang dihadapi juga bisa membantu memperbaiki suasana hati. Tapi, pilihan minuman dan camilan tentunya harus diperhatikan.

Ganti gula di rumah dengan Tropicana Slim Sweetener Diabtx nol kalori guna mendapatkan rasa manis yang lebih sehat untuk berbagai minuman dan hidangan favorit. Tropicana Slim Sweetener Diabtx bisa membantu kontrol kadar gula darah diabetesi dan membantu membatasi asupan gula.

Tropicana Slim Sweetener Diabtx juga mengandung mineral alami Kromium yang terbukti membantu kontrol gula darah pada diabetesi. Lebih dekat, bebas khawatir, dan lebih sehat dengan Tropicana Slim.



Simak Video "Kemenkes RI Laporkan Peningkatan Prevalensi Penyakit Diabetes-Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(ncm/ega)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT