Berapa Lama Seseorang Bisa Bertahan Hidup Tanpa Makan-Minum? Ini Penjelasannya

ADVERTISEMENT

Berapa Lama Seseorang Bisa Bertahan Hidup Tanpa Makan-Minum? Ini Penjelasannya

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Senin, 14 Nov 2022 10:21 WIB
Ilustrasi
Berapa lama bisa bertahan hidup tanpa makan-minum? (Foto: Dok.Detikcom)
Jakarta -

Kabar sekeluarga tewas di Kalideres, Jakarta Barat, bikin geger. Mayat keeempat anggota keluarga ditemukan di kediamannya sendiri dalam keadaan sudah 'mengering'. Diduga, seluruhnya meninggal karena kelaparan.

Ditemukan tanda-tanda korban tidak makan dan minum dalam waktu yang lama sebelum meninggal dunia. Salah satu yang ditemukan dokter forensik adalah lambung yang sudah mengecil.

Sebenarnya, berapa lama seseorang bisa bertahan hidup tanpa makan dan minum?

Tubuh kita membutuhkan makanan dan air untuk bertahan hidup. Para ahli tidak mengetahui dengan pasti berapa lama seseorang bisa hidup tanpa makanan, namun ada catatan orang bertahan hidup tanpa makanan atau minuman antara 8 dan 21 hari.

Lamanya seseorang dapat bertahan hidup akan bergantung pada berbagai faktor, seperti usia dan kesehatan individu tersebut dan apakah mereka memiliki air untuk diminum atau tidak.

Laman Healthline yang sudah ditinjau oleh Dr Adam Bernstein, MD,ScD, menjelaskan tubuh membutuhkan energi dari sumber makanan dan hidrasi dari air agar berfungsi dengan baik. Berbagai sistem dalam tubuh bekerja optimal dengan pola makan yang bervariasi dan asupan air yang cukup setiap hari.

Ketika tubuh seseorang tidak menerima cukup kalori untuk menjalankan fungsinya, kelaparan terjadi. Ketika tubuh manusia sangat kekurangan kalori, ia mulai berfungsi secara berbeda untuk mengurangi jumlah energi yang dibakarnya.

Next: kelaparan menyebabkan kematian



Simak Video "Bayi Kok Dikasih Kopi Saset?"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT